Jumat 26 Feb 2021 06:35 WIB

Nasdem Klaim Sudah Ada Rekan Koalisi untuk Konvensi Capres

Meski belum sebut nama,partai itu mau membangun koalisi konvensi capres Nasdem.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah
 Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai NasDem akan melakukan konvensi calon presiden (capres) untuk pilpres 2024 mulai 2022 mendatang. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengklaim sudah ada partai yang mau membangun koalisi untuk konvensi capres tersebut.

"Kami sudah ada rekan-rekan koalisi sebagaimana yang saya sampaikan tadi yang mempunyai platform, visi dan misi, gagasan yang searah, sejalan dalam tarikan nafas yang sama untuk kepentingan negara," kata Johnny, Kamis (25/2).

Baca Juga

Johnny mengatakan, NasDem menyadari sepenuhnya bahwa hasil pemilu 2019 lalu tidak cukup mencapai ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen. Oleh karena itu, NasDem membangun komunikasi politik ke partai lain, dan membentuk koalisi minimal untuk memenuhi persyaratan presidential threshold pada pilpres 2024 nanti. 

"Saat ini tentu belum bisa saya sampaikan koalisi yang mana saja atau dari unsur partai yang mana saja karena tentu akan nanti saatnya ada di mana joint statment itu dilakukan," ujarnya.

Johnny menambahkan, Partai NasDem terbuka dengan partai mana saja untuk mau bergabung membangun koalisi. Menurutnya koalisi itu nantinya tidak terbatas pada koalisi minimal yang memenuhi syarat threshold.

"Koalisi itu tentu terbuka ruang seluas-luasnya untuk membangun koalisi yang mampu menghasilkan orkestrasi politik yang memadai, mengantisipasi pilpres tahun 2024 yang menurut perkiraan kami akan menjadi kontestasi yang luar biasa hebat dan ketat," ucapnya. 

Sebelumnya Partai NasDem menggelar rapat koordinasi nasional khusus (rakornassus) selama tiga hari dimulai dari 22 -24 Februari 2021. Rakornassus tersebut menghasilkan beberapa sikap politik, di antaranya mempersiapkan konvensi capres 2024.

"Konvensi capres ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom up approach sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan Partai NasDem sebagai ruang dan basis rekrutmen pemimpin nasional," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate, dalam konferensi pers yang disiarkan daring, Kamis (25/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement