Kamis 18 Feb 2021 11:54 WIB

Singgung Banjir Kalsel, Jokowi: Perlu Rehabilitasi DAS

Pembukaan lahan di Kalsel makin masif beberapa waktu terakhir.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah truk terperosok di Jalan Gubernur Sarkawi yang rusak di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (8/2). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa perlu penanganan komprehensif dari hulu ke hilir serta intervensi pemerintah daerah agar banjir tidak lagi terulang.
Foto:

Selain rehabilitas lahan, salah satu intervensi yang dilakukan pemerintah dalam penanganan banjir adalah membangun bendungan. Teranyar, presiden meresmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Presiden Jokowi menyebutkan, bendungan yang rampung dibangun pada 2020 ini terbukti cukup ampuh mengurangi dampak banjir pada Januari lalu. 

"Pak Gubernur juga sampaikan, karena adanya bendungan ini banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir," ujar Jokowi. 

Sementara itu, Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal mengamini pernyataan Presiden Jokowi terkait besarnya peran bendungan sebagai pengendali banjir. Ia berharap, pembangunan bendungan di kabupaten lain bisa segera dirampungkan agar sistem pengendalian banjir di Kalimantan Selatan lebih optimal. 

Sejumlah bendungan lain yang segera dibangun di Kalimantan Selatan, antara lain Bendungan Pancur Hanau di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Bendungan Riam Kiwa di Kabupaten Banjar, dan Bendungan Kusan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement