Rabu 17 Feb 2021 19:35 WIB

Cerita Orang Tua yang Khawatir Anaknya Kecanduan Gadget

Sejak pandemi anaknya menjadi kecanduan pakai gadget padahal bukan untuk belajar.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Mendampingi anak saat bermain dengan gadget (ilustrasi).
Foto:

Dia menambahkan, padahal biasanya anak-anaknya sebelum kecanduan gadget tidur selepas isya, atau sekitar jam 19.30 WIB. Untuk memberi gertakan kepada kedua anaknya, biasanya Subur tidak membelikan pulsa internet. Namun dia mengatakan, anak-anaknya tetap saja bermain handphone. Yakni dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang tidak membutuhkan internet. “Ya jadi sama saja bohong, pusing saya,” kata dia.

Subur juga mengakui kondisi anak-anaknya menjadi seperti itu karena dampak dari situasi pandemi Covid-19 yang membuat mereka tidak memiliki kegiatan seperti sebelum pandemi. Selain tidak lagi berkegiatan belajar di sekolah, anak-anaknya juga tidak lagi mengikuti kegiatan pengajian seperti yang biasa dilakukan sebelum pandemi. Namun, dia berusaha untuk menyajikan kegiatan alternatif bagi anak-anaknya, meski terbilang sulit.  

“Makanya kami koordinasi guru-guru di sini sampai mengajukan ada kegiatan belajar mengajar di balai. Kita manfaatin kegiatan-kegiatan online dengan tetap pakai SOP protokol kesehatan buat anak-anak, ada guru di situ, terus anak-anak di-rolling kegiatannya per kelas, setiap hari ada,” tuturnya.

Hingga kini, Subur terus berusaha untuk mengalihkan anak-anaknya dari kecanduan gadget ke hal-hal yang lebih produktif lainnya. Di samping itu, dia juga berusaha mengecek handphone milik anaknya untuk melakukan filter terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya atau yang berpotensi mengganggu kegiatan belajarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement