Senin 08 Feb 2021 16:09 WIB

Sungai-Sungai Meluap, Indramayu Dikepung Banjir

Sampai dengan Senin (8/2) pukul 12.00 WIB, banjir terjadi di 18 kecamatan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan akibat banjir, di jalur Pantura Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (8/2/2021). Tingginya intensitas hujan dan luapan air sungai mengakibatkan jalur pantura Losarang terendam banjir dan membuat kemacetan sepanjang dua kilometer dari arah Jakarta maupun dari arah Jawa Tengah.
Foto:

Sementara itu, di DAS Citarum, daerah yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Gantar dan Kecamatan Haurgeulis. Warga pun mengungsi ke berbagai lokasi, seperti masjid, balai desa maupun rumah warga lainnya yang berlantai dua.

"Dapur umum sudah didirikan untuk membantu para warga yang terdampak banjir," ujar Caya.

Sedangkan di DAS Cipanas, luapan sungai di antaranya menggenangi Kecamatan Terisi, Cikedung, dan Losarang. Untuk di Kecamatan Losarang, dapur umum sudah didirikan di Balai Desa Krimun.

Di Kecamatan Terisi, banjir di antaranya terjadi di Desa Cikawung Blok Lajem akibat meluapnya sungai Cilalanang. Selain itu, banjir juga merendam Desa Jatimulya, Rajasinga, Karangasem, Cibereng dan Kendayakan akibat meluapnya sungai Cipanas. Di sejumah lokasi, ketinggian air bahkan mencapai dua meter.

Tim SAR Gabungan pun diturunkan untuk membantu evakuasi warga. Sampai dengan pukul 07.30 WIB, tim gabungan telah mengevakuasi 160 warga terdampak banjir.

"Kami mengevakuasi 40 jiwa di Kecamatan Terisi dan 120 jiwa di Desa Tumaritis (Kecamatan Haurgeulis)," ujar Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah. Proses evakuasi pun masih terus dilakukan tim gabungan, terutama di Desa Tumaritis, Kecamatan Haurgeulis.

Sementara itu, berdasarkan data dari Diskominfo Kabupaten Indramayu, sampai dengan Senin (8/2) pukul 12.00 WIB, banjir terjadi di 18 kecamatan di Kabupaten Indramayu. Selain pemukiman, banjir juga menggenangi pesawahan dan tambak.

 

Adapun 18 kecamatan itu, yakni Kecamatan Sukagumiwang, Kertasmaya, Indramayu, Bongas, Haurgeulis, Losarang, Kandanghaur, Widasari, Terisi, Gabuswetan, Anjatan, Sukra, Pasekan, Cantigi, Sindang, Lelea, Bangodua dan Jatibarang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement