Ahad 07 Feb 2021 22:28 WIB

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Memadukan 2 Ilmu Sekaligus

Paling tidak ada delapan prospek karir lullusan Sistem Informasi Akuntansi UBSI.

Salah satu kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Universitas BSI saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang kedua, tanggal 3 Februari sampai 6 April 2021.
Foto: Dok UBSI
Salah satu kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Universitas BSI saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang kedua, tanggal 3 Februari sampai 6 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang kedua, tanggal 3 Februari sampai 6 April 2021. Salah satu program studi (Prodi) yang sangat layak kamu pilih adalah Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA),  Fakultas Teknik dan Informatika (FTI).

Mengapa kamu perlu memilih Prodi Sistem Informasi Akuntansi? “Lulusan Prodi Sistem Informasi Akuntansi dipersiapkan untuk menjadi seorang pakar IT Akuntansi. Kamu akan mempelajari dua bidang ilmu sekaligus, yaitu: Sistem Informasi dan Akuntansi, yang mana dua bidang ilmu tersebut pastinya akan sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini,” kata Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI, Adi Supriyatna, Sabtu (6/2).

Ia menjelaskan, Prodi Sistem Informasi Akuntansi  merupakan Prodi yang memadukan ilmu Sistem Informasi  dengan Ilmu Akuntansi. “Prodi ini mempelajari tentang dasar-dasar akuntansi dan pemrograman yang dibutuhkkan oleh seorang analis sistem untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Adi mengemukakan, selain pastinya dapat menyusun dan menyajikan laporan keuangan, lulusan Prodi Sistem Informasi Akuntansi juga akan dibekali keteramplan khusus lainnya, seperti: mampu memahami dan menerapkan metode pengembangan perangkat lunak untuk membangun aplikasi akuntansi; mampu mengoperasikan sistem informasi akuntansi dalam penyelesaian masalah entitas bisnis; dan mampu membuat sistem informasi akuntansi dengan  bahasa pemrograman tertentu.  “Selain itu, ampu menyajikan data audit sistem informasi akuntansi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi; mampu merancang sebuah sistem informasi akuntansi berbasis objek,” tuturnya.

Dengan banyaknya bekal ketrampilan tersebut,  tak heran kalau prospek karir lulusan Sistem Informasi Akuntansi terbuka luas.

“Paling tidak ada delapan prospek karir lulusan Sistem Informasi Akuntansi UBSI. Yakni, accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, analis manajemen bisnis, konsultan bisnis, analis keuangan, dan nalis sistem computer,” paparnya.

Tak hanya itu. Lulusan Jurusan SIA Universitas BSI juga disiapkan menjadi pribadi yang  mampu berdaya saing di bidang ekonomi kreatif. Hal itu sejalan dengan visi UBSI, Prodi SIA akan menjadi prodi unggulan di bidang sistem informasi akuntansi dan mendukung ekonomi kreatif tahun 2033.

“Disadari, Indonesia akan menghadapi bonus demografi, di mana 10 atau 15 tahun ke  depan generasi muda akan banyak mengambil peran dalam pembangunan bangsa ini. Oleh karenan itu,  perlu sekali disiapkan lulusan-lulusan kreatif yang mampu berdaya saing global. Inilah salah satu peran yang diambil oleh Jurusan Sistem Informasi Akuntansi UBSI,” kata Adi Supriyatna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement