Jumat 29 Jan 2021 01:20 WIB

Kemensos Kucurkan Rp 1,6 Miliar Santunan Korban Gempa Sulbar

Ahli waris korban gempa bumi akan mendapat santunan sebesar Rp 15 juta.

 Warga membawa barang bawaannya saat pindah ke tenda khusus untuk lansia, perempuan dan anak-anak korban gempa berkekuatan 6,2 skala Richter, di Mamuju, Sulawesi Barat, Indonesia, 18 Januari 2021.  Kemensos  mengucurkan bantuan Rp 1,6 miliar uang santunan kepada keluarga korban yang meninggal akibat gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat.
Foto:

Sementara, Menko PMK Muhadjir Effendy mewakili pemerintah pusat, menyampaikan duka dan rasa prihatin atas musibah gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan Majene. Ia berharap, masyarakat di Sulbar dapat mengambil hikmah atas musibah yang terjadi tersebut.

"Saya berharap, masyarakat dapat mengambil hikmah dari musibah gempa yang terjadi. Terima kasih kepada semua pihak, termasuk relawan dan ormas yang ikut terlibat menangani bencana gempa bumi di Majene dan Mamuju," ujar Muhadjir Effendy.

"Berbagai bentuk bantuan ini, baik dari provinsi tetangga, pemerintah pusat maupun ormas yang ikut menangani merupakan sikap kegotong-royongan sebagai falsafah hidup," tambahnya.

Pemerintah pusat lanjutnya, akan terus ikut bertanggungjawab untuk menyelesaikan berbagai persoalan dampak dari gempa, baik ketika di masa tanggap darurat ini, sampai nanti masa transisi dan memasuki rehab dan rekonstruksi.

"Tapi, pemerintah pusat tentu memiliki keterbatasan dan akhirnya juga akan terpulang kepada masyarakat Sulbar. Karena itu kita harapkan semua stimulan yang berasal dari pemerintah pusat itu sebetulnya hanya mendorong agar masyarakat dan pemerintah daerah di Sulbar menyelesaikan masalahnya sendiri," terang Muhadjir Effendy.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement