Kamis 28 Jan 2021 18:50 WIB

Laksanakan Vaksinasi Kedua, Sultan: 58 Persen Telah Divaksin

Vaksinasi tahap satu di DIY ini ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Agus Yulianto
 Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Foto:

Kepala Dinkes DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, pihaknya sudah mendistribusikan 71.600 dosis vaksin ke seluruh kabupaten dan kota se-DIY. Pengiriman seluruh dosis vaksin ini dilakukan dalam dua termin.

Termin pertama, hanya didistribusikan untuk Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Sedangkan, di termin kedua didistribusikan ke lima kabupaten/kota termasuk Kota Yogyakarta dan Sleman untuk memenuhi kekurangan di termin pertama.

"Dari kebutuhan sebanyak 2.605.179 dosis, saat ini sudah terkirim total sebanyak 71.600 dosis dalam dua termin pengiriman," kata Pembayun.

Pelayanan vaksinasi di DIY dilakukan di 121 puskesmas dan 60 fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) lainnya. 60 faskes ini terdiri dari klinik dan rumah sakit baik itu rujukan penanganan Covid-19 maupun non rujukan.

Sementara itu, di tahap pertama vaksinasi di DIY dilakukan oleh 367 vaksinator. Sementara, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan selama empat tahap.

Hingga tahap keempat, DIY setidaknya membutuhkan 1.313 vaksinator. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya masih terus melakukan pelatihan.

 

"Jumlah tenaga (vaksinator) tersebut akan bertambah secara bertahap dengan target sampai bulan Maret 2021 siap 1.313 petugas vaksinator," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement