Rabu 27 Jan 2021 18:03 WIB

TNI AL Gagalkan Pengangkutan BBM Ilegal di Selat Singapura

Dua kapal yang membawa solar itu tak dilengkapi dokumen dan tak masuk daftar manifest

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Panglima Koarmada 1 Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. (kanan) bersama Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan (kanan).
Foto:

Dari hasil pemeriksaan awal tersebut, kedua kapal dikawal menuju Lanal Tanjung Balai Karimun. Terhadap kedua kapal itu akan dilaksanakan proses lebih lanjut dan untuk mengetahui asal muasal bahan bakar.

Yayan menyampaikan, keberhasilan KRI Alamang-644 dalam menggagalkan kegiatan illegal oil ini tidak lama berselang setelah pelaksanaan Konsolidasi Operasi Keamanan Laut. Konsolidasi itu dilaksanakan beberapa hari lalu di Guskamla Koarmada I dalam rangka menindaklanjuti instruksi pimpinannya.

"Menekankan kepada seluruh Komandan Unsur KRI BKO Guskamla Koarmada I untuk melaksanakan penegakan hukum di laut secara tegas dan tidak ragu-ragu," jelas dia.

 

Menurut Yayan, kegiatan Operasi Keamanan Laut akan terus dilaksanakan secara optimal dengan tetap memperhatikan keselamatan berlayar. Terlebih, saat ini, operasi dilakukan di tengah cuaca yang kurang menguntungkan dan di masa pandemi penyebaran Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement