Selasa 26 Jan 2021 17:25 WIB

Sehat Dulu Baru Berwisata

Sektor pariwisata kerap dianggap biang keladi lonjakan kasus Covid-19 usai hari libur

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wisatawan menaiki perahu di tempat wisata selama pandemi. Ilustrasi
Foto:

Untuk itu, Aviliani menuturkan, kesadaran bersama dalam menerapkan protokol kesehatan masih perlu disosialisasikan. Dengan begitu dapat membantu pemulihan ekonomi. “Kalau pemulihan ekonomi lambat, banyak pelaku usaha yang akan mati,” tutur Aviliani.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dalam membangkitkan pariwisata menjadi tugas dan tanggung jawab bersama. Dia menegaskan, pada dasarnya protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

“Pemulihan yang simultan dari upaya kesehatan dan persiapan bangkitnya perekonomian dan ekonomi kreatif sebagai pilar kebangkitan ekonomi Indonesia,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf membuat tiga skema yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam pemulihan pariwisata. Sandiaga menuturkan, inovasi sebagai energi pemulihan, digitalisasi dapat menjadi solusi, dan kolaborasi dengan pihak terkait juga sangat berperan.

“Kemenparekraf sudah berkolaborasi dengan Traveloka, kini akan melanjutkan dan meningkatkan kerja sama khususnya dalam mengembangkan KSPN dan mendukung pelaku usaha di daerah,” jelas Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement