Selasa 26 Jan 2021 17:25 WIB

Sehat Dulu Baru Berwisata

Sektor pariwisata kerap dianggap biang keladi lonjakan kasus Covid-19 usai hari libur

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wisatawan menaiki perahu di tempat wisata selama pandemi. Ilustrasi
Foto: ANTARARaisan Al Farisi
Wisatawan menaiki perahu di tempat wisata selama pandemi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu terakhir, tingkat infeksi Covid-19 terus melonjak. Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu mengatakan, bahkan sektor pariwisata dianggap sebagai biang keladi setelah setiap kali libur panjang tingkat positif Covid-19 meningkat.

Meskipun begitu, Vinsensius menegaskan Kemenparekraf tetap mendorong pariwisata yang sehat. “Kami berusaha menyampaikan sehat dulu baru berwisata,” kata Vinsensius dalam acara webinar yang digelar Traveloka, Selasa (26/1).

Vinsensius mengatakan, pemerintah pada dasarnya ingin menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan kesehatan masyarakat. Hanya saja, pada akhirnya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan juga dianggap turun.

“Ini bisa juga masyarakat jenuh. Ini tugas pemerintah bagaimana mengkampanyekan lagi protokol kesehatan dan betapa mematikannya Covid-19,” ujar Vinsensius.

Sementara itu, ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani menilai, saat pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masyarakat mulai berwisata. Meskipun begitu, Aviliani menegaskan masyarakat juga perlu tetap menerapkan protokol kesehatan.

Aviliani mengatakan, pemerintah daerah juga belum banyak yang menerapkan protokol kesehatan maksimal. “Sehingga banyak di tempat wisata tidak dijaga dengan baik dan menyebabkan penularan dan pada akhirnya merugikan mereka,” jelas Aviliani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement