Selasa 26 Jan 2021 11:58 WIB

Awali CSR, Polytama Bangun Jalan Aspal Polymer di Colomadu

Aspal polymer itu terbuat dari sampah plastik hasil samping produksi perusahaaan.

Aspal hotmix yang terbuat sampah plastik, kembali diterapkan oleh PT Polytama Propindo dalam perbaikan jalan di Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Foto:

Kepala desa Paulan, Joko Margono menuturkan, pembangunan jalan yang dananya bersumber dari CSR Polytama melibatkan 25 warga yang secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Secara kebetulan, warga yang dilibatkan memiliki pengalaman dalam proses pengaspalan jalan. Mereka diberi honor per hari selama kegiatan berlangsung sampai selesai. 

"Kami sangat berterima kasih. Tidak saja infrastruktur desa menjadi lebih bagus, ada pelibatan warga kami yang terdampak, tak kalah penting warga terbuka wawasan, bahwa sampah plastik ternyata bisa dimanfaatkan untuk aspal hotmix," tutur Joko.

Dwinanto menambahkan, soal pemanfaatan sampah plastik. Perusahaannya sudah lama melakukan inovasi pemanfaatan sampah plastik untuk berbagai macam produk yang memiliki manfaat.

Salah satunya ialah pemanfaatan daur ulang dalam bentuk aspal polymer. Inisiasi yang dilakukan Polytama ini sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya dan telah diterapkan di berbagai lokasi, termasuk di Paulan.

"Tahun ini, kami mengawali CSR dengan pemanfaatan aspal polymer. Lewat program ini, kita kampanyekan bahwa sampah plastik itu masih bisa dimanfaatkan, salah satunya untuk bahan baku aspal polymer," tuturnya.

Perihal kekuatan, aspal polymer ini bisa lebih kuat dibanding aspal hotmix umumnya. Bila aspal hotmix umumnya tidak tahan terhadap air, aspal polymer, karena terbuat dari plastik, justru lebih tahan.

 

"Demikian juga dengan suhu tinggi. Meski dari plastik, pada saat hari cerah, tetap kuat. Ini sudah dibuktikan di sejumlah tempat yang dipraktikan Polytama," tutur Dwinanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement