Selasa 19 Jan 2021 01:17 WIB

Rumah Dinas Camat di Yogyakarta Dijadikan Shelter Covid-19

Saat ini Pemkot Yogyakarta memiliki satu shelter khusus untuk penanganan pasien Covid

Tenaga kesehatan bersiap untuk vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ngemplak II di Sleman, Yogyakarta, Kamis (14/1). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta  akan memanfaatkan rumah dinas camat untuk shelter isolasi pasien positif Covid-19.
Foto:

Shelter tersebut memiliki 42 unit ruangan dengan masing-masing memiliki dua unit kamar tidur. Namun demikian, pengisian pasien di shelter tidak bisa dilakukan sembarangan.

“Kami tidak merekomendasikan untuk mencampur pasien dalam satu unit ruangan yang sama apabila tidak berasal dari satu keluarga yang sama,” katanya.

Oleh karenanya, meski memiliki 84 tempat tidur, namun keterisian shelter tidak bisa dimaksimalkan jika kondisinya tidak memungkinkan. “Pernah suatu ketika terisi 42 pasien yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Tetapi pernah juga terisi 50 orang karena ada beberapa yang berasal dari keluarga yang sama,” katanya.

Ia berharap, jumlah temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogyakarta menunjukkan tren yang menurun. “Dalam delapan hari terakhir, grafik kasus menunjukkan tren menurun. Mudah-mudahan terus turun,” katanya.

Berdasarkan data corona.jogjakota.go.id pada Senin (18/1) terdapat tambahan 18 kasus terkonfirmasi positif, 61 pasien sembuh atau selesai isolasi, dan dua pasien meninggal dunia. Dengan demikian terdapat 613 kasus aktif Covid-19, 2.238 pasien sembuh atau selesai isolasi, dan 120 pasien meninggal dunia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement