Sabtu 16 Jan 2021 23:50 WIB

Catatan dan Harapan ICMI di 2021

Butuh lebih kuat lagi sinergi dan kerja sama yang solid antara anak bangsa.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie.
Foto:

Di samping itu, aspek pendidikan akhlakul karimah harus tetap diperhatikan. Akhlak terhadap pencipta, sesama manusia, dan alam semesta tidak bisa hadir tanpa adanya keteladanan. Dan keteladanan inilah yang sulit diterapkan karena adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh.

ICMI meminta agar pihak terkait dapat memanfaatkan teknologi pembelajaran secara cerdas dan optimal. Agar aspek keteladanan ini tetap dapat tersampaikan kepada para anak didik, termasuk mahasiswa.

Di bidang kesehatan, ICMI berharap pemerintah agar memperhatikan dengan sesama kebijakan penanganan pandemi Covid-19 dengan seksama. Dengan mengutamakan pendapat para ahli kesehatan tentang isu yang berkembang saat ini, terutama soal vaksin.

"ICMI berharap Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dapat bersinergi terutama dalam menghadirkan aspek halalan thayyiban serta kemananan dalam pelaksanaan vaksinasi," ujar Jimly.

Terakhir dalam bidang ekonomi, ICMI mengharapkan pertumbuhan ekonomi di 2021 lebih baik dari  2020. Ekonomi Indonesia diharapkan terus pulih dengan kebijakan yang dipayungi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

 

"Berharap pemerintah tetap harus memperhatikan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dengan cara membuka bidang-bidang industri yang dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya," ujar Jimly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement