Sabtu 16 Jan 2021 23:50 WIB

Catatan dan Harapan ICMI di 2021

Butuh lebih kuat lagi sinergi dan kerja sama yang solid antara anak bangsa.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie.
Foto:

Dalam bidang hukum, ICMI melihat bahwa hukum saat ini telah dimanfaatkan oleh segelintir oknum yang memiliki tujuan tertentu. Hal ini membuat hukum semakin berseberangan dengan nilai Pancasila, khususnya sila kedua.

Hukum saat ini, justru terkesan tumpul ke atas, tetapi tajam ke bawah. Bahkan pada penegakan protokol kesehatan, masih kasus yang tak jelas dasarnya karena tidak memiliki alasan yang kuat.

"Regulasi Covid-19 kemudian menjadi pedang tajam terhadap kaum yang kritis, sedangkan berbagai macam kebijakan dari pemerintah malah diakselerasi," ujar Jimly.

Dalam bidang hukum, ICMI melihat bahwa pandemi Covid-19 begitu berdampak di sektor ini. Bagaimana tidak, kebijakan dan implementasi pendidikan saat ini dituntut harus kompatibel dengan situasi pandemi saat ini.

Namun, kebijakan belajar di rumah tak dapat dipungkiri telah mereduksi fungsi dan tujuan pendidikan. Hal ini berisiko mengganggu kualitas pendidikan generasi bangsa ke depan.

"Perlu ada inovasi pendidikan, khususnya teknologi pembelajaran canggih yang beradaptasi dengan kenormalan baru tanpa mengurangi kualitas belajar-mengajar," ujar Jimly.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement