Jumat 15 Jan 2021 09:01 WIB

BNPB Ungkap Laporan Sementara Pascagempa di Sulawesi Barat

Gempa M6,2 mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat pukul 01.28 WIB.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Warga memotret atap rumah yang ambruk akibat gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (14/1/2021). Pada Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB, Sulawesi Barat kembali diguncang gempa, kali ini dengan kekuatan 6,2.
Foto:

Raditya menyebut, sejauh ini BPBD setempat melakukan penanganan darurat, seperti menangani korban luka, evakuasi, hingga pendataan dan pendirian pos pengungsian. Kebutuhan mendesak saat ini berupa sembako, selimut dan tikar, tenda keluarga, pelayanan medis, dan terpal.

Kerusakan tersebut belum termasuk jaringan listrik yang masih padam pascagempa. Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV - V MMI di  Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

Terkait dengan gempa M6,2 ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan parameter bahwa gempa terjadi pada pukul 01.28 WIB yang berpusat 6 km timur laut Majene. Pusat gempa memiliki kedalaman 10 km. Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

Raditya mengatakan, BNPB masih memantau dan berkoordinasi dengan beberapa BPBD setempat yang terdampak guncangan gempa. Kepala BNPB Doni Monardo juga disebutnya akan berkoordinasi dengan BPBD terdampak di lokasi bencana pada pagi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement