Selasa 12 Jan 2021 15:27 WIB

Ketum APPBI: Kunjungan Pusat Perbelanjaan Sisa 20 Persen

Pusat perbelanjaan berharap pembatasan tidak diperpanjang setelah 25 Januari.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita
Pengunjung turun dari eskalator di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (7/1). Pemerintah membatasi jam operasional pusat perbelanjaan hingga pukul 19.00 WIB untuk membatasi kegiatan masyarakat yang merujuk pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan penularan virus corona (Covid-19) di seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang berlaku mulai 11 Januari sampai 25 Januari 2021. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Menurut Alphonzus, selama ini pusat perbelanjaan selalu menunjukkan keseriusan serta komitmen yang kuat dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Karena itu, ia juga sangat menyayangkan penerapan pembatasan terhadap pusat perbelanjaan. "Sampai dengan saat ini terbukti bahwa pusat perbelanjaan tidak pernah menjadi klaster penyebaran (Covid-19)," tutur Alphonzus.

Catatan berikutnya, ia mengatakan, pembatasan ini akan mengakibatkan perekonomian kembali tergambat. Padahal, ia menilai, perekonomian sudah mulai menghasilkan pergerakan meski masih berlangsung secara bertahap. 

Ia menilai, terhambatnya kembali pergerakan ekonomi akan menjadikan kondisi usaha pusat perbelanjaan semakin terpuruk. "Ada potensi pusat perbelanjaan yang menutup ataupun menjual usahanya," ucap dia.

Alphonzus berharap pembatasan ini harus disertai dengan penegakan terhadap penerapaan protokol kesehatan yang ketat, disiplin dan konsisten. Sebab, kata dia, jika hal tersebut tidak dilakukan maka pembatasan akan menjadi tidak efektif. 

Ia mengatakan penegakan terhadap penerapan protokol kesehatan agar kebijakan yang diambil tidak sia-sia lantaran sudah mengambil risiko dengan terhambatnya kembali pemulihan ekonomi. "Pusat perbelanjaan sangat berharap PPKM tidak diperpanjang setelah tanggal 25 Januari 2021 nanti," kata Alphonzus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement