Jumat 08 Jan 2021 18:44 WIB

BPPTKG: Merapi Telah Memasuki Fase Awal Erupsi

Fase awal erupsi ditandai dengan munculnya lava pijar dan guguran.

Gunung Merapi terlihat jelas dari Wonokerto, Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/1). Dalam empat hari terakhir aktivitas Gunung Merapi semakin meningkat. Guguran material, luncuran lava pijar sudah terjadi.
Foto:

Hanik menyampaikan, posisi kubah lava yang baru ini berupa gundukan ada di atas lava 1997. Akan tetapi, ada indikasi di tengah kawah juga ada satu yang pada 31 Desember 2020 itu ada inflasi yang sangat kuat di situ.

"Ada indikasi juga adanya kubah lava di tengah kawah, namun demikian sampai sekarang kita masih menunggu perkembangannya secara terus menerus. Kubah lava yang di atas lava 1997 itu lebih intensif terjadinya pusat keluarnya magma yang sekarang sudah menjadi lava pijar dan kemarin ada awan panas," katanya.

Menurut Hanik, kubah lava yang di tengah itu bisa berhenti, tetapi bisa juga berkembang. Hal itu terus dipantau perkembangannya beserta data-data yang ada.

"Ini bukan berarti dua kubah lava, sebenarnya ini satu kesatuan, tetapi yang lebih intensif yang di atas lava 1997," katanya.

Hanik menuturkan deformasi merupakan salah satu parameter bagaimana magma menuju ke permukaan. Total deformasi selama 2020 sampai saat ini sekitar 8 meter. Ia menyebutkan lava pijar yang terjadi kemarin paling jauh berjarak 800 meter dan awan panas perkiraan 400 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement