Rabu 06 Jan 2021 00:26 WIB

Wapres Terima Risma, Sandiaga, dan Menteri KKP

Wapres mendengarkan gagasan dari tiga menteri secara terpisah. 

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Wakil Presiden Ma'ruf Amin,
Foto:

Rencananya, Masduki mengungkap, Wapres akan mengumpulkan menteri menteri baru dengan menteri yang berada dalam koordinasi Wapres khususnya di sektor UMKM. "Rencananya nanti tgl 7 akan dipertemukan itu menteri menteri baru itu bersama menteri menteri lain yang masih dalam fokus koordinasi Wapres, seperti UMKN, Kemenperin terkait dengan halal dan seterusnya, supaya nyambung, supaya tidak kerja sendiri-sendiri," ujarnya.

Sedangkan untuk Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono hari ini juga melaporkan identifikasi masalah di sektor kelautan dan perikanan. Salah satunya, Wahyu menyoal perlunya nelayan diarahkan menjadi nelayan budidaya.

"Katanya Pak Tenggrono itu ada tiga juta nelayan yang selama ini melaut jauhnya 13 mil. Itu artinya di laut yang belum dalam. Nah ini yanh selama ini bentrok dengan satu dengan yang lain, soal cantrang dan macem macem itu, nah itu mesti memang diarahkan ke budidaya," ungkapnya.

Selain itu, kata Masduki, Menteri KKP ingin memberdayakan nelayan nelayan yang selama ini menangkap lobster. Menurutnya, selama ini yang menjadi masalah dalam penangkapan lobster khususnya benih lobster karena ada monopoli dari importir.

 

Trenggono menilai, jika importir tidak monopoli sebenarnya tidak akan ada masalah. Sehingga dengan demikian, maka ekspor benih lobster itu akan tetap dikembangkan. "Tetapi dengan syarat bahwa cara pengusaha benur itu supaya dia membeli dengan harga sesuai, juga wajib mempunyai semacam pembinaan kepada nelayan nelayan lobster supaya jalan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement