Selasa 05 Jan 2021 18:10 WIB

Tito: Vaksin tak Seketika Hentikan Covid-19

Penyuntikan vaksin perdana rencananya dilakukan pada 13 Januari 2021. 

Rep: Mimi Kartika/ Red: Agus Yulianto
Mendagri Tito Karnavian
Foto:

Dalam keterangan pers sebelumnya, Tito mengatakan, penyuntikan vaksin perdana rencananya dilakukan pada 13 Januari 2021 yang dipelopori Presiden Joko Widodo. Kemudian program penyuntikan vaksin gratis diikuti secara serentak di 34 provinsi diawali dengan tiga kelompok, yaitu pejabat publik pusat dan daerah, pengurus Asosiasi Pofesi Tenaga Kesehatan dan Key Leader kesehatan daerah, serta tokoh agama daerah.

"Penyuntikan perdana tanggal 13 (Januari), hari Rabu depan, itu nanti di tingkat pusat oleh Bapak Presiden langsung yang pertama, beberapa menteri lain, pejabat tingkat pusat yang pimpinan Kementerian/Lembaga, usia di bawah 60 tahun, karena ini yang dari Sinovac, 18-59 tahun," tutur Tito.

Tito meminta, kepala daerah turut serta memastikan dan hadir langsung dalam proses penyuntikan vaksin sertaproaktif mempersiapkan dan menyosialisasikan program vaksinasi. Penyuntikan pertama di tingkat daerah dijadwalkan berlangsung pada 14 dan 15 Januari.

"Jadi sementara belum ditentukan waktunya, tapi mungkin ini tergantung kesiapan di daerah juga, mungkin sekitar 10 orang dengan publik figur, kalau kepala daerahnya di bawah 60 tahun, kemudian kalau di atas 60 tahun bisa wakil, sekda, pejabat lain, forkopimda, tolong hadir juga untuk menyaksikan," jelas Tito.

 

Di sisi lain, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bekerja keras menambah kapasitas ruang isolasi rumah sakit dengan didukung pemerintah pusat. Pemda juga diminta mendirikan posko mulai dari tingkat provinsi sampai tingkat kelurahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement