Ahad 03 Jan 2021 18:25 WIB

KAI Prediksi Kenaikan Jumlah Pengguna KRL usai Libur Panjang

Pada Desember 2020, rata-rata jumlah pengguna KRL tiap harinya mencapai 355.303 orang

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
KAI Commuter memprediksi akan ada kenaikan jumlah pengguna KRL usai libur panjang pergantian tahun. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan setiap awal pekan merupakan hari dengan jumlah pengguna KRL yang paling banyak dibanding hari-hari lainnya. KAI Commuter memperkirakan adanya kenaikan jumlah penumpang pada Senin (4/1).
Foto:

Anne menambahkan, jumlah perjalanan KRL pada hari kerja masih terfokus pada pukul 06.00-08.00 WIB dan 17.00 sampai 19.00 WIB, selain di waktu tersebut KRL nampak lebih lengang dan tidak ada antrean penyekatan pengguna. Para pengguna jasa dapat memanfaatkan akhir pekan ini maupun waktu-waktu tersebut untuk naik KRL dengan lebih nyaman. 

KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. Pengguna bisa mengatur waktu perjalanannya dengan melihat jadwal, posisi real time kereta dan kondisi antrean di stasiun melalui aplikasi KRL Access.

"Pengguna juga diimbau  mempersiapkan KMT, kartu uang elektonik bank, atau tiket kode QR dengan saldo yang cukup sehingga saat tiba di stasiun tidak perlu lagi mengantre," lanjut Anne.

KAI Commuter, sambung Anne, mengimbau seluruh pengguna KRL mentaati protokol kesehatan dan aturan-aturan tambahan dalam menggunakan KRL, seperti pengguna yang sudah lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. 

 

"Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," kata Anne menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement