Rabu 16 Dec 2020 22:02 WIB

Milenial Kreatif Didorong Garap Sektor Pertanian

Generasi milenial menjadi tumpuan untuk pengembangan industri dan ekonomi kreatif.

Staf Ahli Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Basuki Agus Suparno
Foto: Istimewa
Staf Ahli Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Basuki Agus Suparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah optimis generasi milenial mampu bertahan dan semakin kreatif di era digital. Optimisme pemerintah tersebut berdasarkan penilaian terhadap aspek demografis kelompok milenial yang dianggap produktif dibandingkan kelompok usia lain.

Staf Ahli Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Basuki Agus Suparno mengatakan, generasi milenial menjadi tumpuan untuk pengembangan industri dan ekonomi kreatif. Ini menjadi sektor yang menjadi sektor andalan bagi pemerintah di dalam mengembangkan perekonomian bangsa. Bidang-bidang tersebut antara lain arsitektur, musik, film, animasi, desain komunikasi visual, dan sebagainya.

Potensi generasi milenial dapat dikembangkan di dalam 16 sektor ekonomi kreatif ini karena dianggap identik dan memiliki kedekatan dengan kelompok milenial. Kelompok milenial juga mempunyai cara pandang yang positif, memprioritaskan happiness dan kalau mengerjakan sesuatu dengan passion.

"Karakteristik yang lain dari generasi ini adalah open minded, terbuka dan tidak konservatif," kata Basuki dalam rilisnya, Rabu (17/12)

Di lain, pihak Talents Mapping Practitioner Ahmad Sutrisni Ahid menilai pemerintah harus mengidentifikasi minat dan bakat generasi milenial karena dengan begitu generasi milenial akan produktif sesuai passion mereka masing-masing.

"Ada empat cara menilai bakat milenial, yaitu saat dia merasa enjoy, easy, excellent (bernilai sempurna), earn (menghasilkan sesuatu). Jadi kalau dioptimalkan mereka alan produktif dan bernilai penting untuk pembangunan bangsa," ujar dia/

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement