Rabu 04 Nov 2020 01:40 WIB

Pekanbaru Tingkatkan Daya Tampung Pasien Positif Covid-19

Pemkot Pekanbaru meningkatkan daya tampung dan fasilitas penunjang RSD Madani.

(Ilustrasi)
Foto: The Central Hospital of Wuhan via Weibo/Hando
(Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru meningkatkan daya tampung dan fasilitas penunjang RSD Madani, sebagai tempat khusus pasien positif Covid-19 agar pasien mendapatkan penanganan yang lebih baik.

"Ke depan ada penambahan tempat tidur menjadi 78 unit yang sebelumnya hanya 39 unit saja. Penambahan ini akan memperkuat keberadaan RSUD Arifin Achmad sebagai RS rujukan," kata Wali Kota Pekanbaru Dr. Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa (4/11).

Menurut dia, posisi RSD Madani bakal memperkuat RSUD Arifin Achmad sebagai rumah sakit rujukan.

Karenanya, RSD Madani akan dibangun bertahap dan ini bukan tahap akhir, karena darurat saja maka ini bisa melayani pasien positif Covid-19 dan berbagai pendukungnya terus dipersiapkan agar pemenuhan 78 tempat tidur bisa segera dipenuhi.

Berikutnya perlengkapan pendukung lainnya seperti laboratorium pemeriksaan sampel usap milik Pemko Pekanbaru akan ditempatkan di RSD Madani dan akan mulai beroperasi dalam tiga pekan ke depan.

"Alhamdulillah laboratorium persiapan pemasangan dan alat-alat dalam minggu ini dilakukan, dan dalam dua pekan ini selesai dan pekan ketiga berfungsi," katanya.

RSD Madani juga membutuh ruang ICU di samping itu juga akan disiapkan ruang darurat khusus untuk anak dan ibu hamil.

"Kemudian juga disediakan ruang ICU, ditambah satu lagi untuk PICU (anak-anak), terutama juga ruang khusus ruang pelayanan ibu hamil yang terjangkit Covid-19," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement