Rabu 01 Mar 2023 18:19 WIB

Pemkot Pekanbaru Telusuri Penyebab Kelangkaan Minyakita

Pemkot Pekanbaru ingin suplai minyak di pasaran tetap lancar.

Pekanbaru mengalami kelangkaan minyak goreng merek Minyakita. Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, menelusuri penyebabnya. (ilustrasi)
Foto: Dok Kemendag
Pekanbaru mengalami kelangkaan minyak goreng merek Minyakita. Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, menelusuri penyebabnya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, menelusuri penyebab kelangkaan minyak goreng merek Minyakita beberapa waktu lalu dengan meninjau sejumlah distributor. Asisten II Pemkot Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan sudah mendapatkan pemaparan dari distributor.

Kelangkaan minyak goreng murah kemasan tersebut dikarenakan memang belum ada suplai dari produsen. "Kami sudah meninjau distributor. Memang mereka mengakui bahwa ada kekurangan suplai dari produsen," kata dia, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

Menurutnya, kelangkaan minyak tidak bisa dipastikan hanya melalui distributor, sehingga Pemkot Pekanbaru perlu melakukan peninjauan lebih lanjut ke pengecer bahkan produsen. Menurutnya, Pemkot Pekanbaru menanggapi serius isu kelangkaan minyak karena minyak menjadi salah satu komoditas yang dapat menyumbang angka inflasi di Pekanbaru.

"Makanya kami terus berupaya jangan sampai terjadi kelangkaan minyak. Kami ingin suplai minyak di pasaran tetap lancar, sehingga harga normal dan tidak terjadi kenaikan angka inflasi," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, saat ini pemerintah pusat sudah membuat kebijakan penambahan kuota Minyakita. Per 1 Februari lalu pemerintah sudah menyampaikan surat ke produsen untuk menambah kuota.

Kuota yang ditambah tersebut akan cukup sampai dengan tiga bulan mendatang atau hingga lebaran. Selain itu, kuota Minyakita ini juga diperbanyak misalnya distributor ini dalam satu hari kurang, bisa minta lagi.

"Jadi misalnya sebelumnya hanya dapat jatah 10, sekarang ini jatahnya bisa dapat 15, kira-kira seperti itu. Ini dipastikan hingga tiga bulan ke depan, berarti kan sampai Mei. Harganya memang tak boleh lebih dari Rp 14 ribu per liter," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement