Ahad 01 Nov 2020 07:05 WIB

Prodi Perhotelan UBSI Sukses Gelar Webinar Table Manner

Ilmu perjamuan makan tidak hanya seputar atitude saja.

Greatdy Anugrah Surya Negara selaku  FBM di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta menjadi narasumber webinar  bertajuk Etika Makan pada Perjamuan Formal yang diadakan kampus UBSI.
Foto: Dok UBSI
Greatdy Anugrah Surya Negara selaku FBM di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta menjadi narasumber webinar bertajuk Etika Makan pada Perjamuan Formal yang diadakan kampus UBSI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Program Studi (Prodi) Perhotelan kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bekasi dan Yogyakarta sukses mengadakan seminar online yang bertajuk ‘Etika Makan pada Perjamuan Formal’ secara live via Zoom, Rabu (21/10). Narasumber yang dihadirkan adalah  Greatdy Anugrah Surya Negara selaku  FBM (Food & Beverage Manager)  di Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta. 

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Emmita Devi Hari Putri  SPar, MM selaku kaprodi Perhotelan Yogyakarta. Ia menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen. 

“Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara menggunakan alat-alat, set up table sampai bagaimana belajar untuk mempunyai etika yang baik, sebagai tamu maupaun sebagai waiter,” ujarnya dalam sambutan. 

Greatdy,  FBM Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta memaparkan pentingnya mengetahui ilmu perjamuan makan bagi mahasiswa perhotelan. Salah satunya mendapatkan relasi baru yang mungkin akan bermanfaat untuk kepentingan suatu usaha. 

 

“Tujuan mempelajari ilmu table manner adalah agar menghindari perilaku yang salah dalam perjamuan makan formal. Selain itu dapat juga menjalin keakraban dan tidak mengganggu orang lain dengan ketidaktahuan kita dalam beretika di perjamuan formal,” kata Greatdy dalam rilis yang diterima Republika.co.id.  

Menurutnya, ilmu perjamuan makan tidak hanya seputar atitude saja dalam menghadapi perjamuan makan formal, melainkan juga harus mengetahui jenis-jenis peralatan makan yang akan digunakan. 

“Dalam table manner ada beberapa hal di luar teknis akan terjadi sewaktu-waktu.  Sehingga,  sebagai seorang waiter maupun ketika berperan sebagai tamu ada banyak hal yang perlu diketahui  terlebih mengenai courtesy dan etikanya,” ujarnya.  

Soraya,  salah satu peserta dari UBSI Bekasi menanggapi kegiatan ini dengan sangat antusias. Menurutnya webinar ini sangat bermanfaat untuk memasuki industri perhotelan.

“Ilmu yang diajarkan memang terlihat gampang, namun saat di pelajari ternyata masih banyak kesalahan yang sering kita lakukan. Contoh nya dalam penggunaan pisau steak daging yang biasanya sulit di potong. Penggunaan yang salah mengakibatkan sulitnya memotong daging tersebut,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement