Kamis 25 Jul 2024 14:39 WIB

Workshop Table Manner, Perkuat Etiket Mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran

Kegiatan ini bertujuan untuk tingkatkan kemampuan mahasiswa dalam etika makan resmi.

Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan workshop table manner, di Hotel Asyana Kemayoran pada Senin, 24 Juni 2024.
Foto: dok Republika
Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan workshop table manner, di Hotel Asyana Kemayoran pada Senin, 24 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Table manner merupakan tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. Penerapan table manner diharapkan bisa menunjukkan sikap yang profesional selama perjamuan makan berlangsung.

Dalam menunjang ilmu seputar table manner Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan workshop table manner, di Hotel Asyana Kemayoran pada Senin, 24 Juni 2024.

Baca Juga

Idah Yuniasih selaku Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas BSI menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam etika makan resmi.

“Mempelajari table manner bukanlah sesuatu yang mudah, menguasai keterampilan ini dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi, memperluas jaringan dan koneksi, dan menambah nilai kelas sosial nantinya ketika mahasiswa sudah terjun dalam dunia profesional,” ujar Idah.

Penerapan table manner dapat membantu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dan membantu memperkuat hubungan sosial antar individu dalam rangka hubungan bisnis yang baik dengan klien atau mitra bisnis.

Sementara itu, Catur dari Divisi Food and Beverage Service Hotel Asyana Kemayoran memberikan penjelasan materi berbagai teknik jamuan makan yang berlaku secara internasional.

“Tata cara makan berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki setiap negara. Inilah mengapa cara makan orang berbeda-beda. Namun, table manner mempunyai standar makan universal yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan Workshop Table Manner ini menggunakan tata cara makan Prancis,” jelas.

Dalam kesempatan tersebut, Catur juga tidak segan untuk menghampiri ke setiap meja peserta untuk membantu peserta yang kesulitan dalam menggunakan alat makan, serta dengan sabar menjawab pertanyaan peserta terkait dengan etika makan resmi. Peserta juga diajak untuk Hotel Tour dan kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement