Ahad 06 Sep 2020 06:25 WIB

Peran Keluarga Bangun Karakter Bangsa dengan Asas Pancasila

Nilai ideologi Pancasila yang telah mengalami krisis perlu kembali dibumikan.

BPIP (ilustrasi)
Foto: Republika/Berbagai sumber diolah
BPIP (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi bidang pendidikan dan pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr Baby Siti Salamah MPsi mengatakan peran keluarga dalam membangun karakter bangsa dengan asas Pancasila sangat penting. Menurutnya nilai-nilai ideologi Pancasila yang telah mengalami krisis perlu kembali dibumikan serta memgarusutamakannya terutama pada generasi milenial.

"Selain di dalam masyarakat dan secara formal dalam sekolah, para orang tua diharapkan lebih sering lagi menggelorakan semangat nilai-nilai Pancasila kepada anak-anaknya," ucapnya saat menjadi narasumber pada titik pandang kompastv dengan tema membangun karakter bangsa dengan asas Pancasila, Sabtu malam (5/9).

Menurutnya banyak cara orang tua untuk membangun karakter Pancasila kepada anak-anaknya seperti bermain dengan cara menerapkan nilai-nilai Pancasila. Ia menegaskan jika membangun karakter anak dalam keluarga baik, maka di lingkungan masyarakat juga akan baik.

"Kita bisa melakukannya secara informal di dalam keluarga sebenarnya, seperti bermain-main yah, saya pikir itu dulu yang dikuatkan untuk membangun karakter anak. Maka jika di dalam keluarga baik di dalam masyarakat juga akan benar dan menjadi inspirasi banyak orang," tegasnya.

Dengan perkembangan jumlah pemakai internet yang cukup signifikan menjadi salah satu tantangannya. Karena menurutnya tidak sedikit generasi milenial yang mudah percaya berita bohong atau hoax bahkan membuat hoax.

"Dengan jumlah pemakai internet menjadi salah satu tugas kita untuk memerangi hoax. Kita seharusnya sadar dengan ragamnya ras ada kesatuan dan persatuan, buat apa cerai berai sementata bangsa lain sangat ingin seperti bangsa kita yang kaya raya ini," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Anggota DPR Mardani Ali Sera mengatakan harus ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaga warisan yang luar biasa dari pendahulu bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

"Indonesia ini adalah potensi besar yang harus kita jaga dan kita rawat dengan punya kita kesepakatan di ruang publik," ucapnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menjelaskan untuk membangun karakter bangsa yang berasaskan Pancasila adalah berawal dari gagasan positif dan diimplementasikan dengan kebiasaan. "Karena karakter itu tidak ada kalau tidak ada kebiasaan, seperti contohnya negara jepang yang masyarakatnya disiplin," jelasnya.

Acara yang dipandu Frisca Clarissa tersebut kedua narasumber sepakat untuk memerangi pandemi covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Karena dengan cara tersebut juga merupakan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement