Kamis 27 Aug 2020 20:35 WIB

Dosen dan Calon Mahasiswa Itera Lampung Positif Covid-19

Calon mahasiswa baru positif Covid-19 menjalani isolasi di RS. Airan

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Akbar
Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar pameran virtual bentuk adaptasi Covid-19,  sejak Senin (18/5).
Foto: Dok. Humas Itera
Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar pameran virtual bentuk adaptasi Covid-19, sejak Senin (18/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Seorang dosen baru dan dua calon mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung terpapar positif Covid-19. Dosen dan dua calon mahasiswa baru tersebut terdeteksi pada pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat digelar dalam kampus.

 

Staf Humas Itera Rudiyansyah membenarkan adanya seorang doesen baru Itera dan juga calon mahasiswa baru terpapar positif Covid-19.

“Dosen baru yang belum aktif berkegiatan di kampus tersebut terdeteksi lebih dini, setelah Itera memberlakukan protokol kesehatan dengan melakukan rapid test terhadap para calon dosen baru sebelum memasuki kampus,” kata Rudiyansyah kepada Republika.co.id, Kamis (27/8).

 

Menurut dia, dari seluruh calon dosen yang dilakukan rapid test pada 18 Agustus 2020, terdapat satu dosen baru yang berasal dari Sumatra Selatan, yang hasil rapid test-nya reaktif, lalu diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes swab.

 

Dari hasil test swab dosen baru tersebut, dia mengatakan, hasilnya positif Covid-19 sebagai orang tanpa gejala (OTG), dan menjalani isolasi di RS. Bandar Negara Husada, Lampung Selatan. Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) memantau perkembangan dosen tersebut, dan tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung.

 

Itera memastikan dosen tersebut belum beraktivitas di dalam lingkungan kampus. Meski demikian, Itera tetap melakukan tracking dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen tersebut. Itera meminta seorang pegawai yang berinteraksi tersebut langsung melakukan karantina mandiri, dan akan segera melakukan rapid test kepada yang bersangkutan.

 

Rudiyansyah menyebutkan, adanya satu calon mahasiswa baru Itera yang positif terpapar Covid-19. Hal tersebut diketahui setelah kampus memberlakukan protokol pencegahan Covid-19. Yakni memberlakukan rapid test kepada seluruh calon mahasiswa baru sebelum memasuki lingkungan kampus untuk melakukan verifikasi berkas setelah diterima sebagai calon mahasiswa baru. 

 

Hasilnya, calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri di luar kampus, terdapat tiga calon mahasiswa baru dari luar Provinsi Lampung yang melaporkan hasilnya reaktif kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Sesuai SOP, tiga calon mahasiswa  tersebut diminta untuk isolasi mandiri, dan melakukan tes swab  dengan tetap dipantau oleh tim BPAKB Itera.

 

Dari hasil tes swab, ke tiga calon mahasiswa baru tersebut, diketahui terdapat satu calon mahasiswa baru Itera yang positif terpapar Covid-19, sebagai orang tanpa gejala, sementara dua calon mahasiswa baru dinyatakan negatif covid-19. Calon mahasiswa baru positif Covid-19 menjalani isolasi di RS. Airan, Lampung Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement