Rabu 29 Jul 2020 15:04 WIB

Sehari, 400 Orang Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung

Sehari, 400 Orang Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini, tim peneliti uji klinis tahap 3 vaksin Covid-19 di Kota Bandung masih membuka pendaftaran relawan. Pendaftaran tersebut dibuka sejak Selasa (28/7/2020) setelah Komite Etik memberi izin pada tim untuk melangsungkan penelitian.

Koordinator Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Eddy Fadlyana mengatakan, dalam sehari, jumlah warga yang mendaftar jadi relawan sebanyak 400 orang. Adapun jumlah total relawan yang dibutukan adalah 1620 orang.

"Kemarin itu 400 (orang). Kalau yang hari ini belum dihitung. Hanya yang kemarin 400," ungkapnya, Rabu (29/7/2020).

Meski demikian, dia mengatakan, ratusan orang tersebut belum tentu lolos menjadi relawan vaksin. Akan ada pengetesan kesehatan untuk memastikan relawan berada dalam kondisi yang baik.

"Belum (lolos jadi relawan). Mereka baru mengirim KTP aja. Agustus pertengahan lah. Untuk cek kesehatan oleh dokter," ungkapnya.

Eddy mengatakan, untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 ini, warga harus berdomisili di Bandung. Sebagian calon relawan tersebut mendaftar dengan mendatangi puskesmas yang telah resmi disiapkan sebagai lokasi uji klinis.

"Ada yang ke Puskesmas, ada juga yang lewat WA. Awalnya ke Puskesmas dulu, dia ingin daftar, terus dia kontak lewat WA," ungkapnya.

Sementara puskesmas yang dimaksud antara lain Puskesmas Dago, Puskesmas Garuda, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Sukaparkir. Selain itu, relawan harus berusia 18 hingga 59 tahun.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement