Selasa 28 Jul 2020 15:38 WIB

Sikap Purnomo Tolak Jadi Timses Gibran Dinilai Bentuk Kecewa

Pengamat sebut Gibran mengambil posisi Purnomo yang digadang-gadang sebagai cawalkot.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (tengah) dan Teguh Prakosa (kiri)
Foto: Antara/Galih Pradipta
Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo (tengah) dan Teguh Prakosa (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikap Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang menolak menjadi bagian dari tim sukses (timses) calon wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dinilai wajar. Sikap Purnomo juga disebut sebagai bentuk kekecewaan kader senior PDI Perjuangan ini terhadap kontestasi Pilwalkot Solo.

"Hal yang wajar jika Purnomo menolak jadi bagian tim sukses Gibran. Pertama, ajakan tersebut bisa saja hanya untuk agar Purnomo tidak terlalu kecewa," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (28/7).

Baca Juga

Ujang mengatakan, ajakan menjadi timses  juga tak bisa membuat Purnomo lantas mendukung Gibran. Terlebih, Gibran sudah mengambil posisi Purnomo yang sedari awal digadang-gadang sebagai calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan.

"Yang jelas, enggannya Purnomo masuk tim sukses Gibran. Karena Purnomo kecewa. Karena posisi calon walikota yang harusnya menjadi jatahnya, diambil Gibran," ujar pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini.

Ujang menilai, justru jika Purnomo mau nenjadi tim sukses Gibran, maka dia justru akan dituduh 'bodoh' oleh publik. "Itulah politik. Ada yang manggung, ada juga yang tersinggung dan tersingkirkan," katanya menambahkan.

Sebagaimana diketahui, PDI Perjuangan akhirnya memilih mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk Pilwalkot Solo. Ia dipasangkan dengan Teguh Prakosa. 

Purnomo kemudian menolak menjadi penasehat di tim pemenangan pasangan cawali dan cawawali, Gibran-Teguh Prakosa di Pilwalkot Solo. Jabatan ini ditawarkan oleh Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement