Rabu 22 Jul 2020 00:50 WIB

 Tiga Anggota Polri Ini Lolos Seleksi Dirdik KPK 

Tiga orang yang lolos itu akan menjalani tes kesehatan serta wawancara dan presentasi

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Agus Yulianto
Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK, Ali Fikri
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK, Ali Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengungkapkan, sebanyak tiga anggota Polri dinyatakan lolos seleksi jabatan Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah melaksanakan uji kompetensi asesmen oleh pihak ketiga. Mereka ialah Brigjen Setyo Budiyanto yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Pelaksana Tugas Dirdik KPK; Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Nazirwan Adji Wibowo; dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Didik Agung Widjanarko.

"Dari 10 kandidat Dirdik, yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 3 orang yaitu Setyo Budiyanto, Nazirwan Adji Wibowo dan Didik Agung Widjanarko," kata Ali Fikri dalam pesan singkatnya, Selasa (21/7).

Selanjutnya, kata Ali, tiga orang yang lolos itu akan menjalani tes kesehatan serta wawancara dan presentasi makalah terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi pada Kamis (23/7) sampai Jumat (24/7). Menurut Ali, peran aktif masyarakat dalam memberikan rekam jejak calon sebagai upaya menemukan pejabat yang berintegritas dan profesional.

"Seluruh tahapan seleksi jabatan struktural ini dilaksanakan dengan tahapan dan cara sebagaimana seleksi jabatan struktural di KPK pada tahun dan periode sebelumnya yaitu secara paralel dilakukan tes asesmen oleh pihak ketiga yang independen kemudian tes kesehatan dan terakhir wawancara dengan pimpinan," ujarnya.

Selain Direktur Penyidikan atau Dirdik, KPK juga membuka seleksi untuk jabatan Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda), Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan Koordinator Wilayah (Koorwil).

Dari enam kandidat, sebanyak dua calon dinyatakan lolos sebagai Direktur Pinda. Mereka yakni, Riki Arif Gunawan dan Indira Malik. Sedangkan dari 26 kandidat Direktur Dumas, terdapat empat orang yang lolos ke tahapan selanjutnya yaitu Kunto Ariawan, Tessa Mahardhika Sugiarto, Andre Dedy Nainggolan dan Tomi Murtomo.

Ali melanjutkan, dari 64 kandidat Koorwil yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 18 orang. Mereka ialah Aida Ratna Zulaiha, Budi Waluya, Sugiarto, Dian Patria, dan Asep Rahmat Suwandha. Lalu, Muchamad Soffan Hadi, Agung Yudha Wibowo, Bernard Sibarani, Aminudin, dan Rufriyanto Maulana Yusuf.

Kemudian Bahtiar Ujang Purnomo, Febrianto Nugroho, Prabawa Widi Nugroho, Jefri Silitonga, dan Turman Sormin Siregar. Serta Kumbul Kuswijayanto Sudjadi, Yudhiawan dan R. Pitra Andrias Ratulangie.

Adapun untuk tahapan selanjutnya Direktur Dumas akan dilakukan tes kesehatan pada  Selasa (28/7) dan Wawancara Rabu (29/7). Sedangkan jadwal wawancara Koorwil Kamis (30/7) dan Senin (3/8) dan Selasa (4/8). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement