Jumat 19 Jun 2020 17:21 WIB

Enam Kapal Patroli Siap Tegakkan Hukum di TSS Dua Selat

Latihan ini juga dalam rangka mendukung perwujudan Indonesia sebagai poros maritim du

KN Trisula P.111
Foto: dok. Humas Ditjen Hubla
KN Trisula P.111

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang diberlakukannya secara penuh bagan pemisahan jalur laut atau Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok pada tanggal 1 Juli 2020, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan menggelar latihan patroli penegakan hukum di bidang keselamatan berlalu lintas di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok pada 23-27 Juni 2020. Tema latihan kali ini adalah “Patroli dan Penegakan Hukum di Jalur Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Sunda dan Selat Lombok.

Menurut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, latihan ini bertujuan untuk memberi pembekalan bagi Personil Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terutama ABK Kapal Negara Patroli dan Petugas VTS. Terutama, agar memahami mekanisme proses perencanaan Operasi Patroli dan Penegakan Hukum di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok serta  koordinasi yang sistematis dan terpadu baik internal di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut maupun antar instansi yang mempunyai kewenangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

photo
Alur Selat Lombok (Grafif Ditjen Hubla) - (dok. Humas Ditjen Hubla)

Selain itu, kata Ahmad, latihan ini juga dalam rangka mendukung perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia khususnya untuk meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dukungan logistik sampai dengan mengendalikan operasi di lapangan.

“Pada Latihan ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan mengerahkan 6 (enam) Kapal Patroli KPLP untuk melaksanakan tugas penegakan hukum di laut yang meliputi proses deteksi, identifikasi, pengejaran, penghentian, pemeriksaan, penyelidikan hingga penyidikan sesuai prosedur yang benar berdasarkan undang-undang,” kata Ahmad dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (19/6)

Adapun ke 6 (enam) kapal patroli tersebut masing-masing adalah KN Trisula P.111, tipe MDPV  Patrol Ship kelas 1, KN Alugara P.114, tipe MDPV Patrol Ship kelas 1, KN Clurit P-.203 tipe Patrol Ship kelas 2, KN. Cundrik P.204 tipe Patrol Ship kelas 2, KN Belati P.205 tipe Patrol Ship kelas 2, KN. Jembio P.215 tipe Patrol Ship kelas 2.

Lebih lanjut, Ahmad mengungkapkan, kegiatan Latihan Patroli Penegakan Hukum di Bidang Keselamatan Berlalu Lintas di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok akan diikuti oleh 249 orang yang terdiri dari 28 orang sebagai penyelenggara latihan, 20 orang sebagai pendukung latihan dan 210 orang sebagai pelaku latihan.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain adalah kegiatan Table Top exercise untuk melakukan komunikasi dan pergerakan Kapal Negara bertempat di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Apel Kesiapan Patroli dan Penegakan Hukum di Bidang Keselamatan Berlalu Lintas di TSS Selat Sunda dan Selat Lombok serta Manuver Lapangan bertempat di TSS Selat Sunda dan TSS Selat Lombok pada tanggal 27 Juni 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement