Ahad 14 Jun 2020 11:10 WIB

New Normal, Jokowi: Kita Ingin Sehat, tapi Juga Produktif

Kehidupan masyarakat harus tetap berjalan dengan mengadaptasi tatanan baru.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah sebuah video yang berisi penjelasan mengenai tatanan hidup baru atau yang selama ini biasa dikenal sebagai kenormalan baru. Dalam unggahannya ini, Presiden menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh masyarakat tentunya ingin pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Tapi kapan itu terjadi, tak seorang pun yang bisa memastikan," tulis Presiden dalam unggahan di akun Instagram, Ahad (14/6).

Dalam beberapa kali kesempatan memang presiden sempat menyebutkan bahwa kewaspadaan harus terus dijaga sampai vaksin Covid-19 ditemukan dan bisa digunakan secara luas oleh masyarakat. Sembari menunggu ditemukannya vaksin itulah, ujarnya, kehidupan masyarakat harus tetap berjalan dengan mengadaptasi tatanan baru. "Kita ingin sehat, tapi juga tetap produktif," ujarnya.

Video yang diunggah presiden di berbagai akun resmi media sosialnya ini bercerita tentang dilema yang dialami seorang pekerja di tengah pandemi ini. Di satu sisi, pekerja ini kehilangan pemasukan karena usahanya terdampak Covid-19. Di sisi lain, masih ada kekhawatiran untuk beraktivitas di luar rumah.

Solusi dari hal tersebut adalah menjalankan tatanan hidup baru, berupa tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah aktivitas luar rumah. Bagi masyarakat yang masih bisa bekerja dari rumah, diimbau untuk tetap melanjutkan sistem kerja dari rumah. Sedangkan masyarakat yang memang harus bekerja di luar rumah, mereka diminta mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Sejak awal pemerintah tidak ingin terjebak dalam pilihan buah simalakama antara kesehatan atau ekonomi. Pemerintah ingin kesehatan terjamin dan ekonomi berjalan juga," bunyi narasi dalam video tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement