Rabu 06 May 2020 22:25 WIB

Eijkman Segera Buat Grand Design Pengembangan Vaksin Covid

Lembaga Eijkman segera selesaikan grand design pengembangan vaksin Covid 19

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berupaya untuk segera menyelesaikan grand design untuk pengembangan vaksin Covid 19 di Indonesia. Diprediksi paling cepat butuh waktu satu tahun untuk membuat vaksin Covid 19.

"Dengan Biofarma, kita membuat 'grand design', kalau sudah siap baru kita mengundang lembaga-lembaga lain yang bersedia untuk ikut konsorsium pengembangan vaksin," kata Kepala Lembaga Eijkman Amin Soebandrio di Jakarta, Rabu (6/5).

Baca Juga

Amin menuturkan pihaknya akan membuat konsorsium untuk pengembangan vaksin yang terdiri atas Lembaga Eijkman, PT Biofarma yang mewakili industri, beberapa perguruan tinggi dan beberapa laboratorium lain. "Akan kami undang untuk bergabung di satu konsorsium, jadi sedapat mungkin vaksin ini dikerjakan oleh anak bangsa sendiri," ujarnya.

Amin menuturkan kemungkinan tercepat pembuatan vaksin adalah dalam jangka waktu satu tahun. Vaksin merupakan imunisasi aktif yang diberikan kepada orang sehat agar mampu membangun kekebalan tubuh untuk melawan virus jika virus menyerang dirinya.

 

Hingga saat ini belum ada satu pun pihak atau negara yang berhasil menciptakan vaksin Covid 19. Pengembangan vaksin menjalani sejumlah tahapan hingga pengujian di tingkat hewan dan manusia.

Kandidat vaksin Covid 19 yang dikembangkan di laboratorium akan diuji pada hewan. Pengujian itu berperan untuk mengetahui efek atau pengaruh kandidat vaksin. Jika hasilnya memuaskan, maka akan dilanjutkan uji klinis kandidat vaksin kepada manusia untuk melihat efektivitas dari vaksin ini melawan Covid 19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement