Rabu 29 Apr 2020 21:41 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Capai 119 Orang

Tambahan empat kasus positif Covid-19 berasal dari dua daerah di Kaltim.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SAMARINDA -- Kasus positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur mengalami penambahan menjadi 119 orang. Data itu berdasarkan pembaruan data Dinas Kesehatan setempat, Rabu (29/4).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan empat kasus positif berasal dari dua daerah, yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

"Tambahan empat kasus hari ini didominasi oleh kluster kegiatan ijtima ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan," kata Andi Muhammad Ishak melalui siaran pers menggunakan apilkasi zoom, Rabu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim ini membeberkan empat tambahan kasus positif baru yakni tiga kasus berada di wilayah Kota Samarinda dan satu kasus lainnya di Kabupaten Kutai Timur.

 

Untuk kasus di Samarinda yakni SMD17 laki-laki 70 tahun dan SMD18 laki-laki 33 tahun. Keduanya merupakan pelaku perjalanan dari Klaster Gowa dan keduanya memiliki hasil rapid test reaktif.

“Kedua pasien sekarang dirawat di RSUD AW Sjahranie sejak 19 April 2020. Saat ini, tim medis masih terus memantau kondisi kesehatan dari kedua pasien tersebut,” ucapnya.

Kemudian tambahan tambahan satu kasus di Samarinda, yakni SMD19, laki-laki 25 tahun, telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Karantina Bapelkes Samarinda sejak 29 April 2020.

Sebelumnya ia mendapat perawatan di Puskesmas Abadi Samboja. Setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, pasien langsung dijemput di Puskesmas Abadi Samboja dan kini telah dirawat isolasi di RSUD AW Sjahranie.

"Pasien ini datang dengan keluhan sakit tenggorokan, batuk pilek dan demam," jelasnya.

Sedangkan tambahan satu kasus di Kutim, yakni KTM18, merupakan seorang perempuan berusia 45 tahun.

Pasien diketahui merupakan kontak erat dengan pasien positif lainnya, yakni KTM14 yang terhubung dengan Klaster Gowa.

“Pasien ini, telah mendapatkan perawatan di RSUD Kudungga Sangatta sejak 14 April 2020. Hingga saat ini, perkembangan kesehatan dari pasien masih terus dipantau oleh tim medis di rumah sakit tersebut,” katanya.

Diakui dia, bahwa hampir semua kasus positif Covid-19 di Kaltim, merupakan kasus dari luar Kaltim.

Karenanya, dia mengimbau masyarakat agar menghentikan sementara berbagai kegiatan perjalanan ke luar daerah, utamanya daerah pandemi Covid-19.

“Kami sangat menghargai masyarakat yang hingga dengan hari ini masih tetap memilih bertahan di rumah, karena dengan cara itu, penyebaran wabah Covid-19 di Kaltim dapat dicegah dan ditekan,” tegasnya.

Diketahui berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Rabu 29 April 2020, Jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 119 kasus, 106 orang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit, 12 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement