Rabu 15 Apr 2020 15:20 WIB

Sah! Jokowi Lantik Riza Patria Jadi Wagub DKI

Proses pelantikan tak dilakukan seperti pejabat pada umumnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan).
Foto: ANTARA/Deka Wira S
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Riza Patria menjadi wakil gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Rabu (15/4). Saat pelantikan, ia tampak mengenakan baju dinas wakil gubernur berwarna putih dan juga masker.

Riza dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 40/P/2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. Sementara itu, Presiden Jokowi juga tampak mengenakan masker berwarna biru saat acara pelantikan. Setelah acara pelantikan dimulai, Presiden Jokowi kemudian meminta Riza mengikuti dan mengulangi pembacaan sumpah jabatan yang dibacakannya.

Baca Juga

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang juga diikuti Riza.

Proses pelantikan ini tak dilakukan seperti biasanya. Pasalnya, pihak istana juga membatasi jumlah tamu yang hadir akibat pandemi yang masih terjadi. Prosesi pelantikan pun disiarkan langsung secara live streaming oleh Sekretariat Presiden.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara ini. Di antaranya adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Setelah dilantik, Riza berjanji akan melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia berharap kehadirannya dapat membantu Gubernur Anies Baswedan dalam menjalankan program-program yang telah ditetapkan, khususnya terkait penanganan Covid-19 saat ini.

Untuk penanganan pandemi corona, Riza juga menyebut telah mendapatkan penjelasan dari Gubernur DKI Jakarta terkait kebijakan dan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI. “Mudah-mudahan kehadiran saya di DKI Jakarta bisa membantu program-program yang sudah ditetapkan dan khususnya kita dalam menangani Covid-19. Kami berharap masalah ini bisa kami selesaikan secara baik,” kata dia.

Kepada Presiden Jokowi, Riza juga berjanji akan taat dan patuh terhadap peraturan pemerintah pusat dan daerah dalam menjalankan tugasnya. Riza mengaku baru akan melaksanakan tugasnya sebagai wagub DKI Jakarta pada esok hari. 

“Besok Pak Anies akan mengundang saya dan mengundang seluruh jajaran SKPD. Pak Gubernur akan menjelaskan program-program yang akan dilaksanakan dan memperkenalkan para SKPD di DKI Jakarta,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement