Sabtu 07 Mar 2020 03:03 WIB

Indonesia Bidik 31 Atlet Tampil di Olimpiade 2020

Indonesia akan mengikuti 15 cabor Olimpiade Tokyo 2020.

Menpora Zainudin Amali
Foto: Republika/Prayogi
Menpora Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olaharaga, Zainudin Amali, berharap jumlah atlet yang tampil di Tokyo melebihi jumlah kontingen di Olimpiade 2016 dengan 28 atlet. Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan 31 atlet berpotensi bisa tampil pada Olimpiade 2020 Tokyo.

"Di 2016 ketika saya menjadi CdM Olimpiade, kita hanya membawa 28 orang atlet. Di Tokyo kita bisa lebih dari itu,'' kata Raja Sapta di Hall FX Sudirman, Jakarta, Jumat (6/3). ''Hari ini mungkin potensi bisa 31, mungkin bisa lebih.''

Raja bertekad semaksimal mungkin mengirimkan lebih banyak atlet pada pesta olahraga terakbar itu. Saat ini sejumlah cabang olah raga sudah mengantongi tiket Olimpiade seperti bulu tangkis, menembak, atletik, penahan, dan angkat besi. Beberapa cabang olah raga lain pun tengah mengikuti kualifikasi seperti tinju, dayung, skateboard, sepeda, dan sejumlah cabang lainnya demi mendapat tiket lolos ke olah raga multievent terbesar di dunia tersebut.

Menpora mengatakan masih ada 91 atlet dari 15 cabang olahraga yang berburu tiket ke Olimpiade 2020. Indonesia terus memburu tiket Olimpiade 2020 yang akan berlangsung pada Juli mendatang.

 

photo
Menpora RI, Zainuddin Amali di Media Center Kemenpora, Jumat (28/2). - (Republika/Muhammad Ikhwanuddin)

Sementara, target di Olimpiade 2020 baru akan ditentukan pada akhir Mei. Zainudin menyebutkan tiga cabang olahraga berpeluang menyumbang medali yakni bulu tangkis, angkat besi, dan panahan. "Target medali akan ditetapkan setelah cut off poin dan drawing Olimpiade," katanya.

15 Cabor

Menpora mengatakan masih ada cabor yang sedang kualifikasi dan berpeluang meraih tiket tampil di event akbar empat tahunan tersebut. Indonesia telah menyiapkan beberapa cabang olahraga (cabor) untuk ikut Olimpiade 2020 Tokyo.

''Saat ini telah ada empat cabor yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo,'' kata Menpora Zainudin Amali. Keempat cabor tersebut yakni atletik (Lalu M. Zohri), Panahan (Riau Ega Agatha, Diananda Choirunisa), Menembak (Vidia Rafika) dan Angkat Besi (Eko Yuli Irawan).

''Indonesia akan mengikuti 15 cabor Olimpiade Tokyo 2020 dengan kuota 30 atlet,'' jelasnya, beberapa waktu lalu. ''Saat ini masih ada cabor yang sedang kualifikasi dan sudah ada cabor yang lolos.'' 

photo
Menpora Zainuddin Amali saat meninjau Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (6/2). - (Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi)

Namun beberapa cabang olahraga dan atlet lainnya masih harus berjuang untuk mendulang poin dan mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 yang masih akan berlangsung hingga April mendatang. Berikut cabang olahraga dan jumlah atlet yang diproyeksikan lolos kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo:

1. Bulu Tangkis: 24 atlet mengikuti kualifikasi (prediksi lolos 10 orang)

2. Angkat Besi: 4 atlet (prediksi lolos 3 orang)

3. Panahan: 6 atlet (prediksi lolos 4 orang)

4. Atletik: 4 atlet (prediksi lolos 2 orang)

5. Sepeda: 6 atlet (prediksi lolos 1 orang)

 

6. Dayung: 16 atlet (prediksi lolos 2 orang)

7. Renang: 2 atlet (prediksi lolos 2 orang)

8. Voli Pantai: 8 atlet (prediksi lolos 2 orang)

9. Tenis: 8 atlet

10. Skateboard: 4 atlet (prediksi lolos 1 orang)

 

11. Taekwondo: 2 atlet

12. Panjat Tebing: 5 atlet (prediksi lolos 2 orang)

13. Menembak: 2 atlet (prediksi 1 orang)

14. Tinju: 2 atlet

15. Selancar: 3 atlet

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement