Senin 24 Feb 2020 19:33 WIB

Pil PCC yang Disita di Pabrik Narkoba Capai Empat Juta Butir

Selain menyita pil PCC, polisi juga sita bahan baku pembuatan pil

Rep: Djoko Suceno/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah personel polisi berseragam mengamankan TKP pabrik narkoba diduga jenis PCC di Arcamanik Kota Bandung
Foto: Republika/Djoko Suceno
Sejumlah personel polisi berseragam mengamankan TKP pabrik narkoba diduga jenis PCC di Arcamanik Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jumlah narkoba dalam bentuk pil yang disita BNN RI dari No E 8 Komplek Pemda, RT 3 RW 4 Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, mencapai empat juta butir. Menurut Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol Arman Depari, dari tempat kejadian perkara (TKP) petugas menyita sebanyak 3.050 butir pil utuh siap edar.

‘’Kalau ditotal dengan pil yang gagal cetak jumlahnya mencapai empat juta butir,’’ kata dia Senin (24/2).

Selain menyita jutaan pil diduga PCC, lanjut Arman, petugas juga menyita bahan baku pembuatan pil dalam bentuk cair, padat, dan tepung (powder). Bahan tersebut jika diproduksi menjadi pil bisa mencapai lima juta bahkan sampai 10 juta butil pil.

‘’Bahan baku yang ada kalau dibuat pil bisa mencapai lima juta bahkan 10 juta butir pil,’’ kata Arman yang didampingi Kepala BNN Provinsi Jabar, Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif.

Menurut Arman pengungkapan di Arcamanik, Kota Bandung, ini tergolong paling besar dari segi jumlah barang bukti  yang pernah ditangani BNN RI.  Dibanding yang pernah diungkap di Tasikmalaya, kata dia, jumlah barang bukti yang disita ini hampir dua kali lipat.

‘’Kalau dari segi bahan baku mungkin jumlah yang di Tasikmalaya lebih besar. Tapi kalau dalam bentuk pil jadi ini paling besar,’’ ujar dia.

Tak hanya narkoba jenis pil yang disita, petugas juga mengamankan barang bukti berupa alat produksi. Ada dua mesin cetak pil ukuran besar yang disita petugas. Dua mesin cetak ini, kata Arman, lebih besar dibanding yang di Tasikmalaya.

‘’Ada juga mesin pengering, oven, dan peralatan lainnya. Semuanya kita sita untuk penyidikan,’’ kata jenderal bintang dua berambut panjang ini.

Sebagaimana diketahui, BNN RI menetapkan lima tersangka terkait kasus pabrik narkoba. Kelima tersangka yang diamankan yaitu CRH (38 tahun), warga Komplek Leuwigajah Jaya, Kelurahan  Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Suk (40) warga Jl Sekolah, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, MIK (35), warga Komplek Dian Permai, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Suw (53) dan IR (54) keduanya warga Babakan Sumedang Utara, Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong. ‘’Kami masih terus mendalami peran dari kelima tersangka ini,’’ kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement