Ahad 16 Feb 2020 09:48 WIB
pancasila

Islam dan Pancasila Mengapa Dipertentangkan?

aPancasila dan Agama merupakan dua hal yang tidak ada perbedaan sama sekali

Pancasila
Pancasila

Oleh: Dr. Ahmad Yani, SH. MH., Dosen FAkultas Hukum /FisipUMJ dan Advokat

Adu domba agama dengan Pancasila semakin meruncing. Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) menghembuskan pernyataan yang sangat fatal. Agama bagi Kepala BPIP Yudian Wahyudi adalah musuh Pancasila.

Sepanjang sejarah Republik Indonesia setelah Partai Komunis Indonesia (PKI) dinyatakan sebagai partai terlarang, baru kali ini oleh seorang kepala lembaga Negara, memulai kembali adu domba Agama dan Pancasila.

Hal serupa pernah terjadi di bawah pemerintahan demokrasi terpimpin Soekarno( Orla) Waktu itu PKI menjadi salah satu partai yang paling dekat dengan penguasa.

Karena itulah Almarhum Jenderal Besar A.H. Nasution dalam sebuah pernyataannya mengingatkan kita bahwa yang mengadu domba Pancasila dan Islam hanya kaum Komunis.

Dalam pidatonya di Majelis Konstituante tanggal 13 November 1957, tokoh Islam Kasman Singodimedjo banyak mengkritisi pandangan dan sikap PKI terhadap Pancasila. Kasman menilai PKI hanya membonceng Pancasila untuk kemudian diubah sesuai paham dan ideologi komunisme. Ketika itu PKI bermaksud mengubah sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi "kebebasan beragama". Termasuk dalam cakupan "kebebasan beragama" adalah "kebebasan untuk tidak beragama."

Menyebut Agama sebagai musuh utama Pancasila, tentu sangat bertentangan dengan sejarah Pancasila dan sejarah bangsa Indonesia. Pancasila diramu dan dirumuskan oleh para founding fathers bangsa ini berdasarkan nilai-nilai Islam.

Kalau kita baca risalah sidang BPUPK dan risalah Sidang PPKI, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pancasila itu dirumuskan berdasarkan nilai agama, khususnya Islam.

Pancasila adalah satu nilai yang hidup itu yang disebut sebagai filosofische groundslaag Indonesia merdeka. Sebagai falsafah, Pancasila adalah sumber nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara pondasi Pancasila adalah ketuhanan Yang Maha Esa sebagai fundamen utama dari keseluruhan sila itu. Pancasila adalah  “Piagam Djakarta” minus tujuh kata.

Piagam Djakarta  menyebutkan : Ketuhanan dengan kewadjiban mendjalankan sjari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknja; menurut dan kemanusiaan jang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakjatan jang dipimpin oleh hikmat-kebidjaksanaan dalam permusjarawaratan perwakilan, serta dengan mewudjudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh Rakjat Indonesia.

Maka  menyebut agama sebagai musuh utama Pancasila adalah merupakan penistaan terhadap nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai agama yang hidup dalam masyarakat Indonesia.

Sebetulnya antara Pancasila dan Agama merupakan dua hal yang tidak ada perbedaan sama sekali, baik dari segi konsep maupun implementasinya kalau dijalankan secara konsekuen.

Akan berbeda lagi kalau Pancasila dijadikan alat untuk memukul lawan dengan memonopoli tafsiran Pancasila dengan pendekatan kekuasaan, sebagaimana juga yang sedang dikembangkan oleh BPIP sekarang ini.

Tafsiran sepihak pada Pancasila pernah dilakukan oleh Orde Lama dan Orde Baru, dan kedua-duannya adalah pemerintahan yang otoriter. Apabila Pancasila ditafsirkan oleh penguasa, maka dapat dikatakan bahwa penguasa itu otoriter dan atau diktator.

Apa yang dilakukan oleh BPIP bukan hanya menafsirkan, justru Mengadu domba Pancasila dan Agama. Proyek Komunisme pada tahun 1960-An itu kini hidup kembali. Bagi PKI yang tidak beragama adu domba ini sangat menguntungkan, karena yang digalakkan oleh komunisme adalah perang mati-matian melawan agama.

Itulah ketika Lenin menulis sebuah artikel dia mensetir Karl Marx bahwa agama adalah Vodka yang memabukkan. Begitu juga yang dikembangkan oleh komunisme diseluruh dunia, bahwa agama adalah musuh utamanya. Karena bagi kaum komunis Agama adalah musuh yang harus binasakan.

Aidit Tokoh sentral PKI, dengan tegas mengatakan “Revolusi Mental tak akan berhasil kalau masyarakat tidak dijauhkan dengan Agama”. Ada lagi tokoh yang dengan bangga mengatakan  “Revolusi Mental  akan gagal kalau Agama tidak dipisahkan dengan Politik” Persis seperti yang diungkapkan oleh Yudian.

Sementara bagi kaum Pancasilais, Agama adalah kata kunci bagi falsafah Pancasila. Baik Agama  Islam maupun Agama-agama lain menyebutkan Pancasila sebagai titik temu agama-agama.

BPIP berbeda dalam hal ini. BPIP mengadu domba agama dan Pancasila dengan dalil bahwa agama merupakan musuh Pancasila. Tentu mirip sekali dengan gaya PKI.

Hal tersebut sangat tidak Pancasilais, dan musuh Pancasila bukan agama, tetapi komunisme dan orang-orang yang memusuhi agama atau mereka yang anti agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement