Sabtu 08 Feb 2020 18:06 WIB

Asman Yakin Kongres ke-V PAN Berlangsung Fair

Asman yakin proses pemilihan Ketum baru PAN akan berjalan dengan baik.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Calon Ketua Umum PAN Asman Abnur (tengah)
Foto: Antara/Reno Esnir
Calon Ketua Umum PAN Asman Abnur (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asman Abnur maju sebagai calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Namun, mantan Menpan-RB itu enggan membuka basis dan berapa dukungan yang saat ini telah dikantonginya.

"Yang jelas saya tidak akan mengklaim jumlah suara. Itu menjadi rahasia saya dan itu adalah modal saya untuk maju," ujar Asman di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Asman yakin proses pemilihan Ketum PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, nanti dapat berjalan baik. Sebab, para calon merupakan kader yang bertujuan untuk membawa PAN ke arah yang lebih baik. "Saya yakinkan bahwa proses demokrasi yang ada di PAN ini sangat fair, dan kemudian ini adalah jadi modal umtuk PAN sebagai lokomotif pembaharuan," ujar Asman.

Wakil Ketua Umum PAN itu mengaku sudah sowan ke sejumlah senior partai, seperti Amien Rais, Hatta Radjasa, dan Soetrisno Bachir. Namun, ia menjelaskan bahwa pemenang ditentukan oleh 590 pemilik suara sah.

"Pilihan itu sudah ditentukan hati masing-masing, bagiamana pun seseorang itu kelihatan fisiknya. Kemana-mana dia punya hati yang menentukan pilhannya sendiri," ujar Asman.

Konsolidasi dengan DPD dan DPW masih terus ia lakukan, jelang Kongres V PAN yang akan digelar di pada 10-12 Februari mendatang. "Kita berharap kader-kader daerah dengan apa yang saya sampaikan ini menjadi satu alternatif. Salah satu pertimbangan untuk memilih saya," ujar Asman.

Diketahui, PAN akan memilih ketua umum periode 2020-2025 dalam Kongres V yang digelar pada 10-12 Februari mendatang. Ketua Steering Comittee (SC) Eddy Soeparno mengatakan bahwa pihaknya mulai membuka pendaftaran mulai Sabtu (8/2).

"Panitia sudah resmi membuka pendaftaran calon ketua umum periode 2020-2025 itu sejak 8-10 Februari 2020. Pendaftaran bisa dilakukan di Jakarta maupun Kendari," ujar Eddy.

Sejauh ini, sudah ada empat orang yang menyatakan diri maju sebagai calon Ketua Umum PAN. Keempatnya, yakni Ada pejawat ketua umum Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi PAN Mulfachri Harahap, mantan Menteri PanRB Asman Abnur, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement