Sabtu 08 Feb 2020 12:58 WIB

Alasan Bima Arya Dukung Asman Abnur Jadi Ketum PAN

Bima Arya mendukung Asman Abnur menjadi Ketua Umum baru PAN.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Bima Arya Sugiarto dukung Asman Abnur menjadi Ketum baru PAN.
Foto: Republika/Nugroho Habibi
Bima Arya Sugiarto dukung Asman Abnur menjadi Ketum baru PAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Pan RB Asman Abnur resmi mendaftarkan diri menjadi calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Wakil Ketua Umum PAN Bima Arya Sugiarto mengantarnya dan menyampaikan dukungannya kepada Asman.

Bima mengungkapkan, tiga alasan mengapa ia mendukung Asman sebagai Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Pertama, Bima yakin dengan rekam jejak dan pengalaman dari Asman.

Baca Juga

"Jadi tidak banyak kader kita yang lengkap seperti Pak Asman. Itsatu, rekam jejak yang lengkap dan paripurna," ujar Wali Kota Bogor itu di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta, Sabtu (8/2).

Kedua, Asman dinilai sebagai sosok pemimpin yang bijak dalam menanggapi dinamikan politik saat ini. Jika terpilih, ia berharap Asman dapat membawa PAN menjadi lebih baik. "Dengan jam terbang beliau yang panjang tadi Pak Asman punya keteguhan hati, punya kematangan berpolitik yang di atas rata-rata," ujar Bima.

Terakhir, Asman dinilai sebagai orang yang dapat membawa persatuan di internal PAN. Menurutnya, Asman akan merangkul berbagai pihak untuk membawa partainya berjaya di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Insya Allah semua akan kami himpun, bergerak bersama sama. Karena Pak Asman ini sosok yang relatif sangat bisa diterima oleh semua pihak," katanya.

Diketahui, PAN akan memilih ketua umum periode 2020-2025 dalam Kongres V yang digelar pada 10-12 Februari mendatang. Ketua Steering Comittee (SC) Eddy Soeparno mengatakan bahwa pihaknya mulai membuka pendaftaran mulai Sabtu (8/2).

"Panitia sudah resmi membuka pendaftaran calon ketua umum periode 2020-2025 itu sejak 8-10 Februari 2020. Pendaftaran bisa dilakukan di Jakarta maupun Kendari," ujar Eddy.

Sejauh ini, sudah ada empat orang yang menyatakan diri maju sebagai calon Ketua Umum PAN. Keempatnya, yakni Ada pejawat ketua umum Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi PAN Mulfachri Harahap, mantan Menteri PanRB Asman Abnur, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement