Kamis 06 Feb 2020 15:39 WIB

Longsor Batu di Jatiluhur Tutup Akses Jalan

Tingginya curah hujan menyebabkan longsor.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Tebing yang bermaterial batu di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta longsor, Kamis (6/2). Akibat longsor ini akses jalan di sekitarnya tidak bisa dilewati karena tertutup material longsor.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan kejadian longsor terjadi pada 05.45 WIB pagi tadi. Longsor terjadi di jalan kawasan Perum Jasa Tirta II tepatnya di Blok D Rt. 004 RW 001 Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Kab. Purwakarta.

Baca Juga

“Penyebabnya karena tingginya curah hujan dan dampak kejadiannya yaitu akses jalan tertutup longsoran,” kata Wibi, sapaannya, saat dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis (6/2).

Wibi mengatakan saat mendapat laporan petugasnya langsung mendatangi lokasi kejadian. Petugas membantu membersihkan material longsoran yang menutup tanah. Namun, besarnya bebatuan yang longsor menutupi jalan menyebabkan evakuasi masih belum selesai hingga sore ini. Petugas menunggu alat berat untuk membantu menggeser material batu besar.

“Memang bukan jalan umum karena itu berada lada akses milik PJT. Hanya saja biasa dipakai oleh masyarakat juga. Kita masih menunggu alat berat,” ujarnya.

Ia menambahkan tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Pihaknya pun segera berkoordinasi dengan aparat desa setempat. Evakuasi dibantu dengan masyarakat, petugas PJT II dan Babinkamtibmas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement