Sabtu 01 Feb 2020 11:11 WIB

BNPB: Hanya WNI yang Sehat yang Bisa Dievakuasi dari China

BNPB menjamin WNI yang dievakuasi dari China hanyalah mereka yang sehat.

Kepala BNPB Doni Monardo menjamin hanya WNI yang sehat yang akan dievakuasi dari China.
Foto: Dok BNPB
Kepala BNPB Doni Monardo menjamin hanya WNI yang sehat yang akan dievakuasi dari China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo memastikan Warga Negara Indonesia yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ialah mereka yang dalam kondisi sehat. Mereka yang terinfeksi virus corona tidak mungkin ikut dievakuasi.

"WNI yang berada di Provinsi Hubei yang akan dipulangkan itu yang adalah warga yang sehat," kata Doni saat ditemui Antara di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Sabtu.

Baca Juga

Seluruh WNI yang dipulangkan sudah melalui rangkaian proses pemeriksaan kesehatan. Doni menyebutkan, apabila ada warga yang terindikasi demam, maka dipastikan tidak boleh keluar dari Wuhan.

Setibanya di Tanah Air, menurut Doni, seluruh WNI itu akan diobservasi selama dua pekan. Setelah itu, mereka bisa kembali ke keluarga masing-masing.

"Mereka bukan dikarantina, bukan diisolasi, hanya diberikan penampungan sementara untuk observasi selama dua minggu," kata dia.

Doni meminta masyarakat tidak khawatir karena Kementerian Kesehatan, TNI, dan unsur lainnya telah melakukan persiapan dengan standar medis yang diatur sedemikian rupa. Ia mengatakan, Menteri Kesehatan dan dirinya berada baris terdepan dalam mengawal kepulangan WNI dari China.

"Artinya, kalau mereka sakit dan berisiko tertular, rasanya tidak mungkin Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB berada di situ. Tentu ingin menyelamatkan diri," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement