Kamis 23 Jan 2020 16:21 WIB

Piala Dunia U-20 Berlangsung 24 Mei-12 Juni 2021

FIFA sudah menyetujui pengajuan arena yang diusulkan panitia Piala Dunia U-20

Rep: Muhammad Ikhawanudin/ Red: Agung Sasongko
Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI resmi mengumumkan tanggal penyelenggaraan Piala Dunia U-21, pada 24 Mei 2021. Berstatus tuan rumah, Indonesia juga sudah menyiapkan enam stadion yang akan menjadi arena pertandingan.

"Pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 akan berlangsung pada tanggal 24 Mei-12 Juni 2021," kata Sekretaris Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (23/1). 

Ajang sepakbola muda sejagad itu akan digelar hampir dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H (14 Mei). Gatot mengatakan, panitia sempat ingin mengundur Piala Dunia U-20 lebih jauh lagi.

"Sebelumnya penyelenggara ingin mengundur jadwal pelaksaan hingga ke bulan Juli, namun ditolak FIFA karena ada perhelatan fifa club world cup di cina dan kompetisi sepakbola eropa yang mulai bergulir," ujar dia. 

Ia menyampaikan, panitia harus bersiap-siap mengadakan hitung mundur sebagai sosialiasi, satu tahun sebelum pelaksanaan. 

Terkait stadion, FIFA sudah menyetujui pengajuan arena yang diusulkan panitia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krita (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Penyelenggara pun dinyatakan wajib menyiapkan setidaknya lima lapangan latihan yang memadai di sekitar stadion. Lebih lanjut Gatot mengatakan, FIFA menetapkan syarat minimal 10 ribu penonton di setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan. 

"Stadion besar seperti GBK harus diatur agar tidak terlihat sepi jika penonton hanya mencapai 10 ribu," kata dia. 

Di bulan Januari 2021, FIFA pun akan melaksanakan drawing peserta. Pulau Bali direncanakan menjadi titik undian tim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement