Rabu 15 Jan 2020 14:13 WIB

Amien Dukung Mulfachri Jadi Caketum PAN, Ini Komentar Zulhas

Amein Rais menilai Mulfachri Harahap dapat mewujudkan harapan bagi PAN.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang juga akan bertarung memperebutkan jabatan ketua umum PAN menyadari adanya dukungan Amien Rais ke Mulfachri Harahap dalam kontestasi caketum PAN. Pria yang kerap disapa Zulhas itu pun tak mempermasalahan dukungan tersebut.

"Pak Amien pendiri partai, PAN ya Pak Amien, Pak Amien ya PAN. Tapi kan kita kompetisinya sama Mulfachri, sama Asman (Abnur)," kata Zulhas saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

Baca Juga

Meski ada dukungan Amien ke Mulfachri, Zulhas berharap, pelaksanaan kongres PAN yang salah satu agendanya memilih ketua umum tetap berjalan demokratis. Dukungan dari Amien dinilai biasa terjadi dalam kongres-kongres sebelumnya.

"Ya kita berharap nanti PAN itu biasa, karena memang partai yang demokratis, persaingan, tapi nanti setelah kongres biasanya kompak lagi," kata Zulhas.

Zulhas juga tak mempermasalahkan pernyataan dukungan Amien yang menyebut Mulfachri Harahap dapat 'Mewujudkan Harapan' bagi PAN. Zulhas menilai, semua pihak berhak untuk memberi pernyataan dan dukungan. "Ya enggak papa, masing-masing punya tagline," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Zulhas juga memastikan, Kongres PAN akan digelar tanggal 12 Februari 2019. Kongres itu akan digelar di Sulawesi Utara.

"Lagi dikonfirmasi tempat, hotel segala macam. Tapi kira-kira tanggal 12, di Sultra," ujar Wakil Ketua MPR RI itu.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, figur Amien Rais masih sangat kuat di PAN. Menurut dia, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu masih memiliki pengaruh besar dalam menentukan kemenangan kandidat di kongres PAN.

"Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas (Zulkifli Hasan) dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di-back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," kata Ujang saat dihubungi, Rabu (15/1).

Menurut Ujang, baiknya calon ketua umum tak meninggalkan dan tak menganggap sepele pengaruh Amien Rais di kongres. Ia menilai, meski calon Pejawat Zulhas dianggap kuat, namun Zulhas dinilai tetap harus memperhatikan pengaruh Amien.

"Kalau Zulhas meninggalkan Amien Rais dalam kongres nanti, kecil kemungkinannya Zulhas kembali menang," katanya.

Dalam kongres PAN sebelum-sebelumnya,  Amien Rais kerap menjadi penentu kemenangan salah satu kandidat. Pada Kongres PAN III pada 2010, Soetrisno Bachir berkontestasi dengan Hatta Rajasa. Amien memberikan dukungan kepada Hatta. Terbukti bekas Menteri Riset dan Teknologi tepilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN pada Kongres PAN III pada 9 Januari 2010 di Batam.

Begitu juga saat Hatta bertarung dengan Zulkifli Hasan di Kongres IV. Dengan dukungan Amien, Zulhas terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Padahal, Hatta mampu meningkatkan kursi PAN di Senayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement