Senin 23 Dec 2019 23:59 WIB

Sambut Tahun Baru 2020, Monas Gelar Pertunjukan Video Mapping

Menyambut Tahun Baru 2020, Monumen Nasional (Monas) akan menggelar pertunjukan video mapping.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Menyambut Tahun Baru 2020, Monumen Nasional (Monas) akan menggelar pertunjukan video mapping. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perhelatan tersebut adalah bagian dari pembenahan dan peningkatan pariwisata DKI Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta sedang terus berbenah untuk terus meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta," kata Anies dikutip laman Facebooknya, Minggu (22/12).

Gubernur Anies menjelaskan semua objek wisata di Jakarta masuk dalam prioritas, termasuk Monas yang merupakan ikon kota Jakarta.

"Sejak tahun 2019 ini UPT Monas rutin menggelar Monas Week, yang salah satunya adalah pertunjukan video mapping pada Tugu Nasional. Menyambut datangnya liburan akhir tahun ini, Monas akan menggelar pertunjukan video mapping kembali," jelas Anies.

Pertunjukan video mapping di gelar dari Minggu (22/12), dilanjutkan Selasa (24/12) dan Senin (30/12), dengan round waktu pukul 19.00 (showtime 1) dan pukul 20.00 (showtime 2). Sedangkan Senin (23/12), Monas tutup, tidak ada pertunjukan.

Pada tanggal 31 Desember 2019, durasinya lebih panjang, yaitu pukul 19.00 (showtime 1), 20.00 (showtime 2), 21.30 (showtime 3), 22.30 (showtime 4) dan 23.30 (showtime 5).

"Kami ingin mengajak semua warga kota Jakarta untuk hadir dan menikmati suasana liburan akhir tahun bersama teman dan keluarga di Monas," ungkap Anies.

Baca Juga: Pemprov DKI Proyeksikan Monas Week 2019 Tingkatkan Kunjungan Wisata

Video mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis. Objek-objek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu objek, benda, atau bidang.

Pemetaan video sebagai metode baru yang menarik adalah bagian dari evolusi seni visual. Sebagai manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi. Para seniman dapat mewujudkan ide yang mereka desain ke dalam materi 3D apapun di dalam bentukan arsitektur. Pemetaan video menggabungkan pemetaan film dan video sebagai strategi pertunjukan. Disatukan dengan perjalanan visual-narasi kita dapat mempromosikan kepekaan lokal dan global dari identitas sebuah tempat, orang dan sejarahnya.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement