Senin 06 Jan 2020 23:59 WIB

Cegah Longsor, Dinas PUPR Depok Pasang Bronjong di Situ Asih

tanggul yang dibangun menggunakan bronjong yaitu kawat besi yang diisi batu kali.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Bronjong (anyaman kawat berisi batu) sebagai penahan banjir. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Anis Efizudin
Bronjong (anyaman kawat berisi batu) sebagai penahan banjir. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun tanggul sementara untuk memperkuat Situ Asih Pulo di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Pembangungan tersebut, menggunakan bronjong sebagai penahan dinding situ yang longsor pada Rabu (1/1).

"Longsor berada pada tepi luar dinding tanggul di RW 08, yang disebabkan debit air dan curah hujan yang tinggi. Untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk, kami melakukan perbaikan," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi di kantor Dinas PUPR Kota Depok, Senin (6/1).

Baca Juga

Menurut Dadan, tanggul yang dibangun menggunakan bronjong yaitu kawat besi yang diisi batu kali. Bronjong dipilih karena cukup kuat dan pengerjaannya lebih cepat dibanding turap yang dicor.

"Bronjong dibangun sepanjang 2,5 meter dengan ketinggian empat meter. Pembangunan tanggul menggunakan biaya dari anggaran Biaya Tanggap Bencana (BTT)," terangnya.

Lurah Rangkapan Jaya, Kharisma Eka Putra menambahkan, pembangunan tanggul sudah di mulai sejak Senin (6/1) dan diperkirakan selesai pada akhir minggu ini. "Selain memasang bronjong, kami juga sudah menutup jalan di sekitar situ agar kendaraan tidak bisa melewati area tersebut, sehingga pekerjaan tak terganggu," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement