Kamis 02 Jan 2020 11:18 WIB

KRL Tangerang-Duri tak Beroperasi Normal, Penumpang Bingung

KRL jurusan Duri hanya melayani penumpang sampai Stasiun Batuceper karena banjir

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Salah satu rangkaian KRL Commuterline melintas perlahan pada jalur rel yang terendam banjir
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Salah satu rangkaian KRL Commuterline melintas perlahan pada jalur rel yang terendam banjir

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sejumlah calon penumpang kereta rel listrik (KRL) rute Tangerang-Duri masih terus berdatangan ke Stasiun Tangerang sampai pukul 10.45 WIB Kamis (2/1). Padahal, KRL jurusan Duri hanya melayani penumpang sampai Stasiun Batuceper karena terdampak genangan di ruas jalur antara Stasiun Batuceper dan Stasiun Rawa Buaya.

Berdasarkan pantauan Republika, Pintu Masuk Timur Stasiun Tangerang ditutup. Sementara pintu tengah stasiun tak dibuka lebar seperti biasanya. Petugas keamanan berjaga di depan pintu untuk menginformasikan kereta hanya sampai Stasiun Batuceper.

Informasi KRL rute Tangerang-Duri yang tak beroperasi jormal rupanya tak banyak diketahui warga. Salah satunya Nurhayati (40) beserta suami dan anaknya yang hendak ke Stasiun Angke kebingungan karena KRL tak bisa mengantarkannya.

"Saya enggak tahu nih. Kirain kereta bisa, tahunya sampai sini dikasih tahu cuma sampai Batuceper. Saya mau ke rumah saudara saya, turun di Angke," ujar Nurhayati kepada Republika, Kamis.

Sementara itu, karyawan swasta di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Ardi (23) pun terpaksa tak masuk kerja lantaran tak ada transportasi yang bisa mengantarkannya. Setelah KRL tak bisa beroperasi hingga Stasium Grogol, ia mengetahui bahwa Transjakarta jurusan Grogol pun tak beroperasi karena jalanan tergenang.

"Ya kemungkinan balik lagi, soalnya kan jalur busway ditutup pelayanannya, naik motor di Jalan Daan Mogot juga enggak bisa jalan," kata Ardi.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menginformasikan sejumlah perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) beroperasi seperti biasa pada Kamis (2/12) pagi. Akan tetapi, KRL rute Duri-Tangerang dan KRL loop line masih terkendala karena lintasan kereta yang tergenang air.

"Dari pantauan petugas pada pukul 06.00 pagi ini terdapat genangan di lintas antara Stasiun Kampung Bandan-Stasiun Kemayoran, di antara Stasiun Rawa Buaya-Stasiun Batu Ceper, dan di Jalur 6 Stasiun Tanah Abang," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Kamis pagi.

Pada pukul 10.43 WIB, petugas stasiun melalui pengeras suara menginformasikan bahwa kini KRL melayani hingga Stasiun Kalideres dengan keberangkatan pukul 11.35 karena masih menunggu kedatangan kereta. Sementara untuk yang akan ke Stasiun Taman Kota, Grogol hingga Duri diimbau untuk menggunakan angkutan umum lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement