Selasa 31 Dec 2019 13:14 WIB

Toli Toli Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Gempa di Toli Toli tidak memicu potensi tsunami.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati, Antara/ Red: Andri Saubani
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kejadian gempa  berkekuatan magnitudo (M) 5,1 mengguncang Toli Toli Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (31/12). Gempa tidak mengakibatkan tsunami.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo menjelaskan, BMKG menginformasikan telah terjadi gempa bumi di darat dengan kekuatan M 5,1 pada tanggal 31 Desember 2019 pukul 12:18:27 WIB.

"Lokasi Lintang  1.07 LU; Bujur 120.94 BT, dengan kedalaman 10 km dan terletak di Sulawesi Tengah," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (31/12)

Dari peta goncangan gempa BMKG, dia menambahkan, intensitas goncangan di pusat gempa mencapai IV mmi (goncangan ringan) dan diperkirakan tidak terjadi kerusakan yang berarti.  Kemudian hasil pengecekan Pusdalops BNPB ke BPBD Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah disampaikan bahwa gempa dirasakan lemah selama 1-2 detik di Toli-Toli, tidak di rasakan di Buol dan belum ada laporan kerusakan yang terjadi.

"Warga diharap tenang dan tidak terpancing berita hoaks, ikuti informasi dari BMKG, BPBD, dan BNPB," ujarnya.

"Gempa tersebut dirasakan di Toli Toli dan Buol IV MMI serta Parigi Moutong III MMI, belum ada informasi terjadinya kerusakan," kata Staf Operasional Stasiun Geofisika Winangun-Kota Manado, Feby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement