Jumat 20 Dec 2019 16:37 WIB

Mulai 2020, Kabupaten Tangerang Ubah Hari Jadi

Kabupaten Tangerang akan mengubah tanggal hari jadinya menjadi 13 Oktober.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
kabupaten tangerang
Foto: tangerangkab-go-id
kabupaten tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tahun ini akan menjadi yang terakhir Kabupaten Tangerang merayakan hari jadi pada bulan Desember. Pada tahun 2020, Kabupaten Tangerang akan mengubah tanggal hari jadinya menjadi 13 Oktober.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar mengatakan keputusan ini sudah melalui penelitian. Setelah diubah ke tahun masehi, hari terbentuknya Kabupaten Tangerang menjadi 13 Oktober 1683. Artinya, pada tahun 2020, Kabupaten Tangerang akan berusia 337 tahun.

Zaki menjelaskan, Kabupaten Tangerang dulunya dibentuk agar VOC dari Batavia tidak langsung menyerang ke Serang. Sejak saat itulah Kabupaten Tangerang lahir dan berdiri menjadi suatu wilayah sendiri.

"Kalaupun ke Serang, dia perang dulu di sini," kata Zaki, ditemui di kantornya, Jumat (20/12).

Setiap tahunnya, hari jadi Kabupaten Tangerang selalu diisi dengan kegiatan yang meriah. Zaki menjelaskan, perayaan hari jadi Kabupaten Tangerang ke-76 akan dimulai pada Senin (23/12) sampai Jumat (27/12).

photo
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

"Tiap tahun meriah. Kita mulai Senin besok, rangkaiannya ada tausiyah dulu, slametan, pengajian, kemudian dari Senin masuk ke Selasa sudah rangkaian hiburan," kata Zaki menjelaskan.

Ia juga akan mengumumkan terkait penggantian hari jadi Kabupaten Tangerang secara resmi. "Tahun 2019 terakhir Desember ulang tahun. Tahun depan 13 Oktober 2020. Jadi pengumuman, nanti Desember yang tahun terakhir, lalu nanti ada teaterikal sedikit," kata dia lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement