Senin 16 Oct 2023 11:09 WIB

Antisipasi Melonjaknya Harga Beras Akibat Kekeringan

Pemkab Tangerang dan LPKR jual beras premium dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Pemkab Tangerang dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menggelar penjualan beras premium dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan di area RS Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang.
Foto: .
Pemkab Tangerang dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menggelar penjualan beras premium dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan di area RS Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemkab Tangerang dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menggelar penjualan beras premium dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan di area RS Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang. Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemkab Tangerang dan LPKR dalam rangka menyemarakkan HUT Kabupaten Tangerang ke-391 yang diperingati pada 13 Oktober 2023. 

Masyarakat yang disasar berdomisili di lima kelurahan di Tangerang, yaitu Kelurahan Kelapa Dua, Bencongan Indah, Bencongan, Binong, dan Bojong Nangka. Pj Bupati Tangerang, Dr Andi Ony P MSi, mengatakan kegiatan ini untuk mengantisipasi melonjaknya harga beras di pasaran imbas dari fenomena El Nino. 

Kekeringan berdampak kepada berkurangnya pasokan distribusi dan stok kebutuhan pangan di Kabupaten Tangerang. "Kita berharap agar masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu dengan adanya penjualan beras premium dengan harga terjangkau ini, terlebih untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok beras," ujar Andi.

Penjualan menggunakan sistem voucher. Adapun paket yang dijual yang merupakan produk ritel, terdiri dari beras premium 5 kg, tepung 1 kg, gula pasir 1 kg, dengan nilai lebih dari Rp 100.000. Namun, paket ini hanya dijual dengan harga maksimal Rp 49.000 per paket.

Presiden Direktur LPKR, Ketut Budi Wijaya, mengatakan selain untuk memeriahkan HUT Kabupaten Tangerang ke-391, penjualan beras premium dengan harga terjangkau ini sejatinya bentuk kepedulian terhadap masyarakat di wilayah sekitar perusahaan dalam menghadapi laju inflasi bahan pangan. "Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Di samping itu, ia menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan program Lippo Untuk Indonesia PASTI (Pintar, Asri, Sejahtera, Tangguh, dan Independen). Penjualan beras premium dengan harga terjangkau berkontribusi pada pilar Sejahtera yang berfokus pada kesejahteraan dan keterlibatan masyarakat. 

Secara simbolis penjualan beras premium dengan harga terjangkau dilakukan oleh Pj Bupati Tangerang, Komandan Korem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, dan Presiden Direktur LPKR.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement